Berkenalan dengan Ragam Manfaat Jintan Hitam

Berkenalan dengan Ragam Manfaat Jintan Hitam

Pernahkah Anda mendengar jintan hitam atau habbatussauda? Jintan hitam sendiri sebenarnya merupakan biji yang berasal dari tanaman bunga asli Asia Barat dan Asia Selatan, Nigella sativa. Jintan hitam sendiri kerap digunakan sebagai bumbu masakan di negara asalnya. Namun selain sebagai bumbu, jintan hitam sendiri juga memiliki berbagai khasiat kesehatan. Khasiatnya bahkan tak kalah dengan suplemen tambahan seperti Blackmores. Berikut beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari jintan hitam.

 

Membantu Mengontrol Gula Darah

Bagi Anda yang menderita diabetes, jintan hitam bisa menjadi solusi ampuh untuk menjaga kadar gula darah. Ekstrak jintan hitam mampu menghambat metabolisme glukosa dalam hati. Manfaat jintan hitam ini pun bisa lebih efektif jika ditambah dengan rempah khas Timur Tengah lain seperti Gum asafoetida, Gum olybanum dan Myrrh.

 

Mencegah Kanker

Sama halnya dengan suplemen seperti Blackmores, jintan hitam juga bisa dimanfaatkan untuk mencegah beberapa jenis penyakit, salah satunya adalah kanker. Senyawa antioksidan dalam jintan hitam dapat dimanfaatkan untuk melawan sel-sel kanker.

 

Menurunkan Tekanan Darah

Jintan hitam juga sangat baik untuk membantu menurunkan tekanan darah. Hal ini ditemukan pada mereka yang mengalami kolesterol ringan. Dengan mengonsumsi jintan hitam setiap hari selama 2 bulan, tekanan darah bisa diturunkan. Selain itu, jintan hitam juga mampu menaikkan HDL. Akan tetapi manfaat seperti ini hanya ditemukan pada mereka yang memiliki masalah kolesterol ringan. Pada orang normal, tidak ditemukan manfaat yang cukup berarti.

 

Untuk Merangsang Produksi ASI

Untuk ibu menyusui yang memiliki masalah dalam memproduksi ASI, jintan hitam bisa menjadi solusi dengan merangsang produksi ASI. Jadi jika kesulitan dalam menghasilkan ASI, cobalah mengonsumsi jintan hitam sebelum memberi si kecil susu formula.

 

Meski jintan hitam memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, tetap ada aturan dalam mengonsumsinya. Anda tidak bisa mengonsumsinya begitu saja, terlebih mengonsumsinya setiap hari. Dosis tetap harus diperhatikan. Dan sama halnya dengan suplemen tambahan seperti Blackmores, konsumsinya juga tidak boleh dilakukan secara terus-menerus. Namun jika Anda tertarik untuk mengonsumsinya, tidak ada larangan juga. Anda juga bisa mengonsumsi suplemen Blackmores untuk membantu menjaga daya tahan tubuh.

 

 

 

Salam,

KALBE Store