Ragam Cacat Kelahiran yang Wajib Diwaspadai

Ragam Cacat Kelahiran yang Wajib Diwaspadai

Jika bisa memilih, setiap orang tua pasti tidak ingin bayinya lahir dalam kondisi kurang sempurna. Segala macam cara dilakukan untuk mengindarinya. Bahkan minum susu ibu hamil juga dilakukan dengan tujuan yang sama. Agar sang buah hati lahir dengan sempurna. Namun setiap orang tua juga harus tahu apa saja jenis cacat kelahiran yang bisa terjadi. Membekali diri dengan pengetahuan akan sangat membantu menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Untuk itu, berikut beberapa cacat kelahiran yang harus diwaspadai.

 

Cacat Jantung

Saat bayi lahir dan kondisinya terus memburuk, ada kemungkinan ada masalah pada jantungnya. Cacat jantung sendiri biasanya muncul sejak si kecil masih berada di dalam rahim. Sayangnya, tidak mudah untuk mendeteksinya sebelum ia benar-benar lahir ke dunia. Meski demikian, risiko tersebut masih bisa ditekan dengan pemeriksaan rutin selama masa kehamilan, khususnya pemeriksaan melalui USG.

 

Bibir Sumbing

Cacat yang satu ini mungkin tidak begitu membahayakan. Namun tetap saja bibir sumbing bisa menjadi masalah untuk si kecil. Genetik, lingkungan dan konsumsi obat tertentu pada masa kehamilan menjadi penyebabnya. Karena itu ibu hamil harus selalu menjaga kondisi kesehatannya dan menjaga kebutuhan nutrisi melalui menu makanan sehat dan susu ibu hamil.

 

Spina Bifida

Terganggunya perkembangan tulang belakang pada bayi adalah wujud dari spina bifida. Akibatnya, tulang belakang tidak menutup sempurna. Penyebabnya tidak lain karena kurangnya nutrisi yang diperoleh janin selama masa kehamilan. Sebagai upaya pencegahan, pastikan untuk selalu memenuhi kebutuhan nutrisi harian dan konsumsi susu ibu hamil. Selain itu, lakukan pemeriksaan kehamilan secara rutin guna memastikan janin tumbuh dengan normal.

 

 

Ketiga cacat lahir di atas hanyalah sebagian kecil saja. Jenis cacat lain yang bisa terjadi pada janin adalah tidak lengkapnya anggota badan, fenilketonuria, clubfoot dan kelainan sel darah merah. Semua masalah tersebut bisa dicegah dengan menjaga kesehatan selama kehamilan. Asupan makanan harus dijaga. Aktivitas fisik tidak boleh ditinggalkan sama sekali. Olahraga tetap dibutuhkan untuk menjaga kesehatan Anda dan janin. Untuk membantu penuhi kebutuhan nutrisi, konsumsi Susu Prenagen juga sangat penting.

 

 

 

Salam,

KALBE Store