Puasa Saat Kehamilan Trimester Pertama? Apakah Boleh?

Puasa Saat Kehamilan Trimester Pertama? Apakah Boleh?

Selain memiliki nilai ibadah, puasa juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Puasa dapat menjadi momen yang baik untuk menurunkan berat badan dan mengembalikan tubuh ke kondisi idealnya. Puasa juga baik untuk detoksifikasi. Itulah kenapa terlepas dari sifatnya yang wajib, tak sedikit pula yang berpuasa karena menyadari segudang manfaat yang bisa diperoleh dari puasa. Namun apakah hal yang sama juga berlaku pada ibu hamil? Meski kebutuhan nutrisi selama kehamilan bisa dilengkapi dengan susu ibu hamil, ternyata ada beberapa hal yang perlu diketahui bagi ibu hamil muda yang ingin berpuasa.

 

Efek Puasa Bagi Ibu dan Janin

Colombia University pernah melakukan penelitian pada ibu hamil yang berpuasa. Dalam penelitian tersebut, ditemukan bahwa bayi yang lahir pada ibu yang berpuasa selama masa kehamilan cenderung memiliki tubuh yang lebih kecil dan lahir dengan berat badan di bawah normal. Ketika besar, anak juga cenderung lebih sulit belajar.

 

Perlu diingat, trimester awal adalah waktu di mana sang ibu dan janin membutuhkan banyak nutrisi. Janin membutuhkannya untuk menunjang pertumbuhannya. Saat masa-masa tersebut, ibu hamil juga masih mengalami gejala seperti mual dan muntah. Jika kondisi seperti ini masih ditambah dengan puasa, maka tubuh sang ibu akan semakin lemas dan bisa membahayakan janin.

 

Jika memang ingin berpuasa, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter. Mengonsumsi susu ibu hamil saat berbuka dan sahur memang bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Akan tetapi waktu paling aman untuk menjalankan ibadah puasa pada masa kehamilan adalah saat menginjak usia kandungan 4-7 bulan, tidak kurang dan tidak lebih.

 

Melengkapi Kebutuhan Nutrisi Selama Masa Kehamilan

Saat hamil, ibu dituntut untuk menjaga kondisi kesehatan dan memperhatikan asupan makanannya. Makanan yang masuk juga harus sehat dan lengkap. Jika berpuasa, selalu pantau berat badan. Penurunan berat badan bisa berbahaya bagi janin. Karena itu, pertahankan berat badan pada angka ideal. Selalu berkonsultasi dengan dokter juga sangat disarankan. Untuk membantu melengkapi kebutuhan nutrisi harian selama masa kehamilan, konsumsi juga susu ibu hamil. Di sini, susu Prenagen bisa jadi pilihan yang tepat.

 

 

 

Salam,

KALBE Store