Protokol Karantina Mandiri Pasien Covid


Protokol Karantina Mandiri Pasien Covid

Protokol Karantina Mandiri Pasien Covid

Penyebaran coronavirus di Indonesia masih cukup tinggi. Bahkan hingga hari ini, tercatat sudah sebanyak 63.749 kasus positif covid-19. Peningkatan ini tentu membuat daya tampung fasilitas kesehatan menjadi bertambah, sehingga melebihi kapasitas yang seharusnya. Sehingga juru bicara Pemerintah untuk penanganan covid-19, Achmad Yurianto mengimbau pasien positif covid-19 tanpa gejala melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing.

 

Upaya keluarga untuk menjaga pasien covid yang melakukan karantina mandiri

 

Karantina mandiri pasien covid tanpa gejala di rumah sendiri termasuk juga sebagai upaya pencegahan penularan. Karantina mandiri tidak hanya dianjurkan bagi pasien covid tanpa gejala saja. Tetapi pasien positif covid-19 dengan gejala ringan dan orang dalam pemantauan (ODP) juga perlu melakukan karantina mandiri. Untuk itu, keluarga perlu membantu upaya karantina mandiri dengan melakukan hal berikut:

1. Memilih satu perawat khusus

Pilih salah satu anggota keluarga untuk dijadikan sebagai perawat pribadi pasien positif covid-19. Usahakan orang yang menjadi perawat memiliki kondisi kesehatan yang lebih kuat dibanding anggota keluarga yang lain. Hindari merawat pasien covid bergantian untuk menghindari penularan terhadap anggota keluarga yang lain.

 

2. Menggunakan APD

Perawat pasien covid harus menggunakan alat pelindung diri atau yang disingkat sebagai APD. Penggunaan APD harus terdiri dari masker, apron, sarung tangan, dan alas kaki. Gunakan APD saat masuk ke kamar yang digunakan oleh pasien covid ketika sedang dibantu.

 

3. Rutin membersihkan diri

Setelah membantu keluarga yang terinfeksi covid, perawat harus segera mandi dan mencuci rambut. Termasuk saat memberikan atau mengambil barang dari ruangan karantina mandiri. Jangan lupa untuk rajin mencuci tangan sebelum dan sesudah membantu keluarga Anda.

 

4. Menjaga jarak

Saat membantu pasien, perawat tetap perlu menjaga jarak walaupun sudah menggunakan APD. sesudah itu, buang APD bekas pada tempat khusus setelah keluar dari kamar isolasi. Jangan menyentuh apapun setelah keluar dari ruangan karantina mandiri.

 

5. Menjaga pola hidup sehat

Hal penting yang perlu dilakukan oleh perawat pasien covid adalah memperhatikan kesehatan diri. Caranya dengan mengonsumsi makanan bergizi, istirahat yang cukup, tetap berolahraga, dan bila perlu mengonsumsi suplemen untuk menjaga daya tahan tubuh Hevit C 500 mg. Anda bisa mendapatkan Hevit C 500 mg dengan mudah di sini.

 

Hevit C 500mg suplemen untuk membantu menjaga daya tubuh

 

Hal yang perlu dilakukan oleh pasien covid karantina mandiri

 

Tidak hanya perawat, pasien covid juga harus memperhatikan beberapa hal tertentu untuk melakukan karantina mandiri. Beberapa hal tersebut di antaranya sebagai berikut ini:

 

protokol karantina mandiri pasien covid-19 di rumah

 

  1. Menggunakan fasilitas kamar dan kamar mandi sendiri.
  2. Pilih menetap pada kamar yang memiliki ventilasi udara yang baik serta penerangan yang cukup.
  3. Selalu menggunakan masker selama melakukan isolasi mandiri.
  4. Rajin mencuci tangan.
  5. Menggunakan alat makan sendiri, dan setelah digunakan cuci alat makan dengan sabun cuci piring, bilas dengan air panas, lalu keringkan secara terpisah dengan alat makan anggota keluarga lainnya.
  6. Rutin membersihkan kamar minimal 1 kali sehari dan mengganti sprai minimal 2 hari sekali.
  7. Menyiapkan sampah khusus dengan wadah yang tertutup dan dialas menggunakan kantong plastik. Buang sampahnya setiap hari.
  8. Pakaian bekas pasien perlu direndam menggunakan klorin atau detergen selama 10 menit, cuci secara terpisah.
  9. Mengonsumsi variasi makanan yang mengandung nutrisi dan gizi seimbang. Bila memungkinkan tetap lakukan olahraga.
  10. Jika selama melakukan karantina terdapat keluhan, segera melakukan konsultasi dengan dokter di Rumah Sakit terdekat.

 

Itulah beberapa protokol yang harus diterapkan jika melakukan karantina mandiri di rumah bagi pasien positif covid-19. Jika mendapatkan kendala atau sekadar melakukan konsultasi seputar karantina mandiri, Anda dapat menghubungi hotline PMI. Mari bersama kita cegah penularan coronavirus di Indonesia semakin meluas dan bertambah. Jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan dengan beli suplemen & vitamin berkualitas secara online di KALCare E-Store.

 

Salam,

 

KALCare

 

Sumber:

 

https://www.kompas.com/tren/read/2020/04/20/140111265/bagaimana-merawat-keluarga-yang-jalani-isolasi-mandiri-covid-19-berikut?page=all#page2