Proses Persalinan: Pilih Bidan atau Dokter Kandungan?


Proses Persalinan: Pilih Bidan atau Dokter Kandungan?

Proses Persalinan: Pilih Bidan atau Dokter Kandungan?

Kehamilan merupakan momen bahagia yang diimpikan oleh semua keluarga, terutama bagi yang baru menikah. Segala persiapan pun sudah mulai dilakukan untuk mendukung nutrisi Ibu dan bayi di dalam kandungan, hingga proses persalinan. Termasuk salah satunya sudah mulai menentukan akan melahirkan pada bidan, atau dokter kandungan.

 

Memang tidak sedikit Ibu yang merasa bingung dalam memilih proses persalinan dengan bidan atau dokter kandungan. Hal ini terjadi karena Ibu merasa bingung, apakah akan cocok melangsungkan proses persalinan dengan bidan atau dokter kandungan. Apalagi keduanya sama-sama ahli dalam membantu proses persalinan. Maka dari itu, sebelum menentukan akan memilih bidan atau dokter kandungan, ada baiknya Ibu mengetahui perbedaan antara keduanya berikut ini.

 

tips memilih persalinan antara bidan dengan dokter kandungan

 

1. Latar belakang pendidikan

Baik bidan maupun dokter sama-sama menempuh pendidikan khusus untuk dapat membantu proses persalinan. Tetapi, jenis pendidikan yang diambil keduanya berbeda. Bidan terlatih dalam segala hal yang berhubungan dengan kehamilan dan kelahiran, tetapi tidak menerima ilmu kedokteran. Itulah yang membuat bidan memiliki spesialisasi pada risiko kehamilan rendah dan menengah pada ibu hamil dengan kondisi sehat. Bidan juga akan menyarankan Ibu hamil untuk melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan jika ditemukan masalah pada kehamilan.

 

Dokter kandungan memiliki spesialisasi dalam kehamilan dan kelahiran karena mendapat ilmu pada sekolah kedokteran dan dilatih untuk melakukan operasi. Spesialisasi inilah yang membuat dokter kandungan tidak melayani panggilan di rumah, sehingga Ibu hamil harus melahirkan di rumah sakit atau klinik yang memiliki alat medis memadai. Dokter kandungan juga bisa melakukan operasi caesar karena prosedurnya hanya dimiliki oleh mereka dan dokter bedah, yang bisa dibantu oleh beberapa bidan.

 

2. Menyesuaikan dengan kondisi Ibu

Hal penting yang perlu diperhatikan sebelum memilih persalinan dengan bidan atau dokter adalah melihat kondisi kesehatan Ibu. jika kondisi ibu sehat, melakukan proses persalinan dengan bidan dapat dilakukan. Tetapi bila kondisi kesehatan ibu tidak baik yang memiliki risiko tinggi, Ibu perlu melakukan persalinan dengan dokter kandungan. Kondisi kesehatan yang tidak baik maksudnya seperti tekanan darah tinggi, epilepsi, penyakit jantung, diabetes, atau komplikasi serius lainnya. Bahkan jika risiko persalinan begitu tinggi, ada kemungkinan Ibu memerlukan bantuan dari dokter spesialis Maternal-Fetal Medicine (MFM).

 

Ibu yang selama kehamilan menggunakan jasa bidan, lalu tiba-tiba mendapat masalah seperti kelahiran prematur, preeklampsia, atau mengandung anak kembar, bidan sebaiknya merekomendasikan dokter kandungan atau perinatologis. Tetapi ada kemungkinan juga kondisi ibu hamil yang memerlukan bantuan dokter kandungan dan bidan secara bersamaan saat proses persalinan.

 

3. Metode kerja yang berbeda

Saat menentukan pilihan untuk melakukan proses persalinan dengan bidan atau dokter kandungan, Ibu akan mengikuti cara kerja dari tenaga medis yang dipilih. Jika memilih bidan, kehamilan dan kelahiran akan dipertimbangkan sebagai kejadian yang alamiah, bukan medis. Fokus bidan lebih kepada perawatan dan pencegahan selama kehamilan. Sehingga ibu dapat melakukan banyak konsultasi seputar kehamilan dan nutrisi. Bidan juga terbukti mengurangi potensi operasi caesar, atau intervensi lainnya seperti penggunaan vakum dan gunting tang agar tidak menggunakan intervensi medis kecuali ada kebutuhan medis.

 

Sedangkan dokter kandungan lebih memungkinkan melakukan intervensi medis karena cara kerja yang lebih menggunakan manajemen medis. Dokter kandungan memiliki tujuan untuk mengendalikan kelahiran pada Ibu hamil. Maksudnya seperti melakukan intervensi kelahiran dengan menggunakan obat induksi kehamilan seperti pitocin untuk mempercepat kelahiran agar tidak perlu melakukan operasi caesar. Maka dari itu, disarankan Ibu hamil menanyakan kedua tenaga medis ini tentang proses kerja mereka sebelum Ibu melahirkan. Ini penting, karena metode kerja akan memengaruhi Ibu saat melahirkan, sehingga Ibu dapat memilih yang dianggap baik dan cocok.

 

Dari penjelasan di atas, baik bidan maupun dokter kandungan sama-sama memiliki kualitas dan kuantitas yang baik untuk membantu proses persalinan Ibu. Hal ini tergantung pada kondisi kehamilan Ibu dan faktor-faktor lainnya. Utamakan juga faktor kenyamanan, misalnya ahli yang benar-benar memahami kebutuhan pribadi Ibu. Setelah itu, diskusikan dengan pasangan atau keluarga untuk membantu Ibu dalam memastikan pilihan.

 

Jangan lupa, Ibu perlu memenuhi kebutuhan kehamilan dengan nutrisi tepat Prenagen Mommy. Tersedia varian khusus untuk Ibu hamil yang disertai gejala mual dan muntah yaitu Prenagen Mommy Emesis. Anda bisa beli di sini untuk mendapatkan nutrisi Ibu hamil, suplemen, & susu hamil online mudah. Karena KALCare menjual susu & nutrisi Ibu hamil terbaik Prenagen secara online agar Ibu belanja dari rumah saja.

 

dukung kehamilan sehat dengan susu Prenagen Mommyatasi kehamilan dengan mual dan muntah dengan Prenagen Emesis

 

 

Salam,

 

KALCare