Pregnancy Guidelines: Yang Perlu Ibu Hamil Perhatikan di Trimester Ketiga

Pregnancy Guidelines: Yang Perlu Ibu Hamil Perhatikan di Trimester Ketiga

Pada minggu-minggu terakhir kehamilan, akan muncul tanda-tanda persalinan yang harus diwaspadai oleh ibu hamil. Sebaiknya, ibu tetap waspada terhadap kondisi-kondisi tersebut, karena memiliki dampak yang dapat mempengaruhi proses persalinan nanti.

 

  • Waspadai posisi tubuh Anda, dan tetaplah menjaga punggung pada posisi lurus. Sebaiknya, hindari mengangkat beban berlebihan dan tidak seimbang. Jika terpaksa mengambil barang yang berada terlalu jauh, maka tekuklah lutut dan menunduklah, kemudian tarik barang tersebut sedekat mungkin, dan angkat barang dengan menggunakan otot kaki dan paha. Hindari menaruh atau mengambil barang pada tempat tinggi, agar tidak hilang keseimbangan.

 

  • Lakukan olahraga yang tepat selama masa kehamilan, khususnya pada trimester ketiga ini, agar dapat memperbaiki kinerja jantung, mengatur berat badan, menjaga kebugaran tubuh, dan menyiapkan otot-otot untuk persalinan tanpa menyebabkan stress atau gangguan terhadap janin yang sedang dikandung.

 

  • Istirahat yang cukup dan lakukan relaksasi dengan benar, karena pertambahan berat badan pada tubuh ibu hamil akan menyebabkan ibu lebih mudah lelah dan rentan terhadap stress.

 

  • Jangan pernah menahan buang air kecil pada masa trimester ketiga, karena dapat menyebabkan infeksi saluran kandung kemih, yang akan membuat proses persalinan lebih berisiko.

 

  • Hindari perubahan suhu tubuh yang tiba-tiba menjelang persalinan, karena pada masa ini pembuluh darah ibu hamil berada pada titik kepekaan yang berlebihan, sehingga lebih sensitif, dan menyebabkan perubahan suhu, serta mendatangkan kelelahan pada tubuh.

 

  • Yang tidak kalah penting adalah, asupan gizi yang tepat dalam tubuh, yang mana mengandung zat besi, kalsium, vitamin K, dan asam folat. Di samping itu, perbanyaklah minum air putih untuk menghindari dehidrasi, karena dehidrasi memicu persalinan lebih cepat. Hindari juga makanan yang mengandung garam berlebih, karena dapat menyebabkan kejang pada kaki, karena sifat garam yang dapat mempersempit aliran darah, terutama di daerah kaki dan tungkai.

 

Demikianlah panduan mengenai kehamilan pada tiap trimester kehamilan. Semoga informasi tersebut membantu ibu hamil untuk dapat mempersiapkan kehamilan atau persalinan yang akan datang.

 

Salam,

KALBE e-Store