Posisi Tidur yang Aman Untuk Ibu Hamil

Posisi Tidur yang Aman Untuk Ibu Hamil

Serba susah, mungkin itu kata yang tepat untuk menggambarkan bagaimana sulitnya tidur bagi ibu hamil. Posisi apapun serba tidak nyaman. Urusan tidur pun tak kalah rumit dengan aturanĀ  minum susu ibu hamil yang tepat. Mungkin Anda juga mengalaminya. Meski tidur telentang terlihat tak memberi beban pada kandungan layaknya tidur tengkurap yang kini tak mungkin lagi bisa dilakukan, ternyata posisi ini pun tidak baik untuk ibu hamil dan janin. Lantas posisi tidur seperti apa yang aman untuk ibu hamil? Agar tidur lebih nyaman, ada beberapa hal yang sebaiknya Anda ketahui.

 

Tidur Menyamping Ke Kiri

Salah satu posisi tidur yang paling aman untuk ibu hamil adalah posisi menyamping ke kiri. Pada posisi ini, semua organ dalam tubuh berada pada posisi aman. Posisi ini juga mampu memperlancar peredaran darah yang menuju ke rahim. Selain itu, tidur menyamping terasa lebih nyaman dan mengurangi pembengkakan pada tangan, kaki dan pergelangan kaki.

 

Menggunakan Bantal

Tak hanya minum susu ibu hamil saja yang ada aturannya. Tidur saat masa kehamilan juga demikian. Saat tidur, sebaiknya gunakan bantal pada sisi samping tubuh. Hal ini dilakukan untuk menaikkan posisi dada dan menghindari sesak nafas. Jika ibu hamil merasa sakit pada bagian ulu hati, tak ada salahnya menggunakan beberapa bantal di sisi kepala. Dengan demikian, asam lambung tidak akan naik. Selama tidur dalam posisi menyamping ibu hamil juga bisa menggunakan bantal sebagai penyangga agar tetap berada pada posisi tersebut.

 

Hindari Tidur Telentang

Sejak usia kehamilan trimester kedua, sangat tidak dianjurkan untuk tidur telentang. Tidur dalam posisi ini bisa meningkatkan tekanan pembuluh darah utama. Jika berlangsung untuk waktu yang lama, tekanan tersebut bisa menghambat peredaran darah sang ibu dan janin. Ini jugalah yang bisa menyebabkan pembengkakan pada edema atau pada bagian tubuh.

 

Agar bisa tidur lebih nyaman, Anda bisa memperhatikan hal-hal tersebut. Tapi satu hal yang lebih penting, pilihlah posisi tidur yang menurut Anda paling nyaman. Beberapa jam sebelum tidur Anda juga bisa mengonsumsi susu ibu hamil untuk membantu melengkapi kebutuhan nutrisi harian. Untuk memperoleh manfaat terbaik dari susu hamil, pastikan juga untuk memilih produk yang telah teruji seperti susu Prenagen.

 

 

 

Salam,

KALBE Store