Pola Makan Ibu Hamil yang Tepat Agar Kuat Berpuasa

Pola Makan Ibu Hamil yang Tepat Agar Kuat Berpuasa

Jika dilaksanakan dengan benar, puasa bisa memberi banyak manfaat kesehatan. Salah satunya adalah detoksifikasi. Karenanya, tak sedikit ibu hamil yang memutuskan untuk berpuasa baik untuk alasan kesehatan maupun karena merasa berkewajiban untuk melaksanakannya. Sebenarnya tak ada larangan bagi ibu hamil untuk berpuasa. Hanya saja ibu hamil harus melakukannya dengan hati-hati dan tetap memberhatikan asupan nutrisinya. Pola makan dan susu ibu hamil pun menjadi strategi untuk memastikan kebutuhan tersebut terpenuhi. Tapi seperti apa sih strateginya?

 

Sahur

Menu sahur harus benar-benar diperhatikan. Karena makanan yang disantap saat sahur inilah yang nantinya paling banyak diserap oleh tubuh. Makanan yang dikonsumsi sebaiknya memang lengkap dan kaya akan nutrisi. Hanya saja, ada baiknya untuk mengganti karbohidrat sederhana dengan karbohidrat seperti yang bisa dijumpai pada nasi merah, gandum dan oat. Menu protein dan lemak juga harus mencukupi untuk membantu tubuh merasa kenyang lebih lama. Begitu pula dengan serat. Untuk melengkapinya, minumlah susu ibu hamil.

 

Buka Puasa

Menu berbuka sendiri sebenarnya tidak ada banyak perbedaan dengan orang-orang pada umumnya. Berbukalah dengan yang manis untuk mengembalikan energi dengan cepat. Jangan langsung makan berat dan beri jeda sebelum mengonsumsinya. Atur porsinya lebih besar dari hari biasa. Pastikan juga menu tersebut lengkap dengan lauk dan sayur.

 

Saat Malam Hari

Makan 3 kali saat bulan puasa memang lebih dianjurkan untuk ibu hamil. Dengan cara ini kebutuhan nutrisi juga lebih mudah terpenuhi. Jadi setelah makan besar seusai magrib, ibu hamil bisa makan kembali di malam harinya. Hanya saja makanan yang dikonsumsi sebaiknya tidak terlalu berat seperti roti, buah dan puding. Susu ibu hamil juga bisa dikonsumsi di waktu ini.

 

Puasa sebenarnya tidak selalu berarti mengurangi porsi makanan. Bagi ibu hamil yang membutuhkan banyak nutrisi, mereka hanya perlu menggeser jam makan seperti sarapan yang berganti menjadi sahur, makan siang yang berganti berbuka puasa dan makan malam yang bergeser di waktu setelah sholat Tarawih. Agar kebutuhan nutrisi ibu hamil tetap terpenuhi, konsumsi susu hamil seperti susu Prenagen juga dibutuhkan.

 

 

 

Salam,

KALBE Store