Pola Makan Diabetesi untuk Bantu Kontrol Gula Darah


Pola Makan Diabetesi untuk Bantu Kontrol Gula Darah

Pola Makan Diabetesi untuk Bantu Kontrol Gula Darah

Bagi para penderita diabetes, melakukan kontrol gula darah adalah hal yang harus dilakukan. Salah satu caranya adalah, dengan mulai memperhatikan pola makan, misalnya dengan melakukan diet sehat. Juru bicara Academy of Nutrition and Diabetic, Toby Smithson, mengatakan bahwa, makanan yang kita makan memiliki efek langsung terhadap kadar gula darah. Pengelolaan kadar glukosa ini adalah kunci untuk mencegah komplikasi di masa mendatang.

 

Pola makan yang baik bagi diabetesi bisa berdampak baik pula untuk kesehatannya, karena dengan mengatur pola makan, berat badan bisa berkurang, sementara para ahli mengatakan bahwa, turunnya berat badan sebesar 5-10% dari berat badan total dapat membantu menurunkan gula darah, sekaligus menurunkan tekanan dan kadar kolesterol darah.

 

Lalu, bagaimana cara mengatur pola makan bagi diabetesi? Berikut ini kami sajikan pola makan sehat dan sederhana yang dapat membantu penyandang diabetes melakukan kontrol gula darah dengan lebih baik.

 

Konsumsi berbagai jenis makanan, karena tubuh memang membutuhkan nutrisi dari kombinasi vitamin, mineral, lemak, serat, karbohidrat, maupun protein. Ingat, jangan pernah lupa untuk sarapan. Kemudian, makanlah sedikit-sedikit, namun sering.

 

Makanlah sesuai kebutuhan tubuh, atau – jika memungkinkan – kurangi porsinya, karena makan berlebih dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

 

Konsumsi biji-bijian, sayur dan buah, karena mengandung banyak serat, namun rendah kalori.

 

Pilih daging tanpa lemak dan lauk lain tanpa kulit, serta jangan lupa asupan protein nabati.

 

Batasi konsumsi lemak tidak sehat yang bisa ditemukan dalam produk susu full cream dan olahannya (krim, susu, es krim, yogurt, mentega, dan keju), daging berlemak, gorengan, dan makanan yang mengandung minyak kelapa sawit dan minyak kelapa.

 

Konsumsi lemak baik yang bisa didapat dari minyak zaitun, canola oil atau minyak bunga matahari, minyak ikan, alpukat, serta biji-bijian.

 

Hindari makanan dan minuman manis, terutama yang mengandung pemanis buatan.

 

Kurangi penggunaan garam.

 

Menyimak daftar di atas, bisa kita simpulkan bahwa, diabetesi tetap bisa melakukan diet sehat tanpa tersiksa, karena tetap dapat mengkombinasikan makanan. Yang tak kalah pentingnya adalah, jangan lupa untuk berolahraga, dan hindari minuman beralkohol dan rokok agar kontrol gula darah Anda lebih baik.

 

 

 

Salam,

KALBE Store