Pilah-Pilih Susu untuk Diabetesi

Pilah-Pilih Susu untuk Diabetesi

Umumnya, fokus seorang diabetesi atau penyandang diabetes adalah menjaga kadar gula darah dalam tubuhnya. Ini tentunya termasuk memilih dengan bijak makanan dan minuman apa saja yang sebaiknya dikonsumsinya. Asupan yang baik tentu saja dibutuhkan.

 

Namun, jangan salah, apa yang kita pikir baik ternyata belum tentu cocok bagi penderita diabetes, lho. Susu, misalnya. Meski memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, namun jenis dan jumlah konsumsi susu harus diatur, agar penderita diabetes terhindar dari risiko komplikasi penyakit serius.

 

Susu sebenarnya baik bagi penderita diabetes karena mengandung kalsium, magnesium, kalium dan vitamin D yang dibutuhkan tubuh. Penelitian pun menunjukkan bahwa, susu justru berperan penting dalam menurunkan berat badan, di mana hal ini penting bagi Anda yang berisiko diabetes karena obesitas. Dalam salah satu penelitian terhadap 322 orang yang mencoba menurunkan berat badan (beberapa memiliki diabetes tipe 2, beberapa memiliki penyakit jantung), ditemukan bahwa, responden yang minum susu dalam jumlah lebih banyak ternyata dapat menurunkan berat badannya dengan lebih banyak juga.

 

Namun, untuk mengkonsumsi susu, agar aman dan berefek positif bagi diabetesi, perhatikan hal-hal berikut ini.

Mengkonsumsi susu terlalu banyak dapat menambah kalori dan karbohidrat yang banyak pula bagi tubuh, sehingga dapat menaikkan kadar gula dalam darah. Hindarilah menambahkan pemanis pada susu.

 

Menurut Journal of American College of Nutrition, bagi penderita diabetes, sangat baik untuk mengkonsumsi susu rendah lemak atau susu skim dan/atau susu khusus bagi penderita diabetes. Selain berguna untuk menurunkan berat badan, susu jenis ini juga dapat membantu menurunkan tekanan darah.

 

Kebaikan vitamin, mineral dan protein dalam susu sapi bisa Anda gantikan dengan susu kedelai, susu beras, maupun susu almond, jika tubuh memang tidak bisa menolerir susu sapi.

 

Para ahli merekomendasikan untuk mengkonsumsi 2-3 porsi susu, termasuk olahan susu rendah lemak atau susu bebas lemak. Bagi diabetesi, minumlah susu bersamaan dengan jadwal makan untuk mengimbangi kenaikan alami gula darah akibat konsumsi karbohidrat.

 

Perhatikan pula untuk menghindari produk olahan susu dan makanan olahan yang mengandung lemak tinggi, seperti keju, krim, maupun yogurt.

 

 

Nah, ternyata kaum diabetesi pun tetap bisa mengkonsumsi susu secara aman, asalkan tidak mengabaikan rambu-rambunya, ya.

 

 

 

Salam,

KALCare