Ini Perubahan yang Terjadi Saat Menginjak Kehamilan Trimester Ketiga


Ini Perubahan yang Terjadi Saat Menginjak Kehamilan Trimester Ketiga

Ini Perubahan yang Terjadi Saat Menginjak Kehamilan Trimester Ketiga

Perut semakin membesar. Berat badan pun bertambah. Itulah yang terjadi seiring dengan bertambahnya usia kehamilan. Ini hanyalah salah satu perubahan kecil yang terjadi di trimester ketiga. Masih ada beberapa perubahan lain yang terjadi pada tubuh sang ibu. Untuk mengimbanginya, konsumsi makanan sehat harus tetap dijaga. Konsumsi susu ibu hamil juga harus rutin dan teratur. Agar lebih siap menghadapi itu semua, penting bagi setiap ibu hamil untuk mengetahui perubahan apa saja yang terjadi di trimester ketiga kehamilan.

 

Sering Nyeri Punggung

Dengan semakin bertambahnya berat janin, beban yang harus ditanggung punggung juga semakin besar. Belum lagi perubahan hormon yang membuat sendi tulang panggul mengendur. Karena itulah, ibu hamil kerap mengeluhkan nyeri punggung dan pinggul saat memasuki trimester ketiga.

 

Nafas Lebih Pendek

Janin yang semakin besar akan mendorong diafragma paru-paru naik. Oksigen yang diambil dalam satu tarikan nafas pun berkurang. Itulah kenapa nafas sang ibu di trimester ketiga ini menjadi lebih pendek dari sebelumnya.

 

Buang Air Kecil Jadi Lebih Sering

Rahim yang semakin membesar akan menekan kandung kemih sang ibu. Dalam posisi tertekan seperti ini, keinginan untuk buang air kecil akan meningkat. Anda tidak perlu khawatir jika mengalaminya. Namun jangan lupa untuk mengimbanginya dengan minum banyak air putih. Konsumsi susu ibu hamil juga tidak boleh sampai ketinggalan.

 

Perut Terasa Panas

Sensasi panas yang kerap muncul pada trimester ketiga kehamilan ini umumnya disebabkan oleh asam lambung yang naik ke kerongkongan. Di sini peran hormon progesteron juga cukup besar. Berkat hormon ini jugalah, pencernaan menjadi melambat.

 

Sering Muncul Kontraksi Palsu

Jangan heran jika di trimester ketiga kehamilan Anda kerap mengalami kontraksi palsu. Ini sangat wajar. Biasanya, kontraksi palsu ini tidak memiliki pola, hanya terjadi dalam waktu singkat dan rasa sakitnya cenderung berkurang seiring dengan banyaknya kontraksi yang dirasakan.

 

 

Mengingat waktu persalinan yang semakin dekat, Anda juga perlu mempersiapkan diri dan berbagai hal yang diperlukan saat persalinan nanti. Gaya hidup sehat harus tetap diterapkan. Konsumsi susu ibu hamil juga harus dijaga. Karena dengan bantuan susu hamil seperti Susu Prenagen inilah, kesiapan tubuh akan semakin mantap.

 

 

 

Salam,

KALBE Store