Permainan-Permainan Terbaik untuk Rangsang Kecerdasan Anak


Permainan-Permainan Terbaik untuk Rangsang Kecerdasan Anak

Permainan-Permainan Terbaik untuk Rangsang Kecerdasan Anak

Kecerdasan anak dapat ditumbuhkan dan dikembangkan dengan berbagai cara, lho. Selain dengan memberikannya asupan bergizi yang penting untuk pertumbuhan fisik dan mental anak, bisa juga dengan menciptakan lingkungan yang mendukung, dan menerapkan pola belajar yang kreatif dan interaktif. Salah satu cara merangsang kecerdasan si kecil adalah dengan menggunakan permainan.

 

Permainan adalah sarana belajar yang efektif bagi anak. Selain membuat anak merasa santai untuk belajar, sehingga apa yang dipelajarinya lebih mudah diingat, permainan juga bisa merangsang kecerdasan majemuk yang dimiliki setiap anak. Nah, permainan apa saja yang dapat digunakan untuk merangsang kecerdasan anak? Mari kita coba beberapa contohnya berikut ini.

 

  • Permainan kata dan angka

Anda bisa mencoba melakukan permainan tebak kata. Misalnya, ambillah sebuah objek untuk ditebak si kecil, lalu sebutkan ciri-ciri objek tersebut. Buatlah tebakan-tebakan yang mudah, namun dari situ bisa Anda kembangkan. Misalnya, mengeksplorasi pengetahuan anak mengenai kegunaan objek tersebut. Ini baik untuk merangsang kecerdasan bahasanya. Permainan kata yang lain yaitu, teka teki silang atau puzzle. Anda juga bisa mengajak anak untuk bermain angka, yakni dengan bermain sudoku atau monopoli, yang akan merangsang kecerdasan matematisnya.

 

  • Permainan fisik

Berolahraga atau bertanding di lapangan akan merangsang kecerdasan fisik atau kinestetik, sekaligus kecerdasan emosional dan sosial si kecil, karena biasanya dilakukan dengan berkelompok bersama anak-anak lain. Ajak anak untuk menirukan gerakan juga bisa merangsang memorinya, lho.

 

  • Permainan dengan musik

Musik selalu berhasil membuat suasana jadi lebih ceria. Selain bisa digunakan untuk senam yang merangsang kecerdasan fisik, bisa juga untuk merangsang kemampuan mengingat, dan juga mengenali nada.

 

  • Penggunaan mainan

Alat-alat permainan, seperti balok dan lego, bisa membuat anak mengkoordinasikan kemampuan visual dan kecerdasan spasialnya. Sementara itu, permainan papan, seperti ular tangga, monopoli, dan juga kartu remi cocok digunakan untuk mengajarkan anak tentang strategi dan teori matematika dasar.

 

  • Orientasi ruangan

Belajar di luar ruangan dengan bermain peran (role play), misalnya belajar belanja di pasar, bisa merangsang kecerdasan sosial, matematika, dan juga bahasa.

 

Hal yang penting adalah, dalam menggunakan permainan sebagai media belajar, jangan lupa untuk membuat peraturan. Aturan ini dapat mengajari anak tentang kecerdasan sosial juga, lho.

 

Keterlibatan orang tua dalam permainan juga merupakan faktor penting. Selain bisa membuat anak merasa senang, dengan bermain bersama, orang tua pun bisa menikmati proses belajar anak. Sebuah penelitan yang dilakukan oleh Crandell dan Hobson menemukan bahwa, tingkat kecerdasan anak (IQ) yang tinggi turut dipengaruhi oleh hubungan positif anak dengan orang tuanya. Jadi, yuk luangkan waktu untuk bermain bersama anak.

 

Salam,

KALBE e-Store