Perlukah Menggunakan Masker Setelah PSBB Selesai?

Perlukah Menggunakan Masker Setelah PSBB Selesai?

Penerapan PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar di beberapa daerah di Indonesia hampir berakhir. Bahkan Pemerintah kini tengah menyiapkan masa new normal bagi masyarakat dengan kembali membuka pusat perbelanjaan, tempat ibadah, dan fasilitas umum lainnya secara bertahap. Walaupun Pemerintah sendiri melalui Badan Nasional Pengawas Bencana hanya memperbolehkan 102 Kota atau Kabupaten yang boleh melakukan new normal.

 

Menurut Juru Bicara Penanganan covid-19, Achmad Yurianto, new normal merupakan tatanan hidup baru masyarakat untuk hidup berdampingan bersama covid-19. Hal ini dilakukan agar tetap menjaga produktivitas masyarakat di tengah covid yang memang sampai saat ini belum ditemukan vaksin definitif sesuai standar internasional.

 

Wajib menggunakan masker selama new normal

 

Pada era new normal, masyarakat harus melaksanakan kebiasaan dan perilaku hidup bersih dan sehat. Caranya dengan rutin mencuci tangan menggunakan sabun, menghindari kerumunan, dan wajib memakai masker saat keluar rumah. Menurut Dokter Spesialis Paru RSUD Dr. Moewardi Surakarta, Dr. dr. Yusup Subagio Sutanto, Sp.P (K), penggunaan masker efektif mencegah penularan virus corona. Baik menggunakan masker kain atau bedah.

 

Memang sejak awal kemunculan coronavirus di Indonesia, masker bedah termasuk benda yang langka di pasaran. Saat tersedih pun, harga masker bedah cukup mahal. Sehingga kondisi ini sempat menyusahkan para tenaga medis yang memang membutuhkan masker bedah dalam melakukan pelayanan kesehatan. Untuk mengatasi hal itu, penggunaan masker kain dianjurkan kepada masyarakat.

 

masyarakat wajib menggunakan masker selama penyebaran covid masih terjadi

 

Penggunaan masker bedah dan kain

 

Penggunaan masker bedah atau masker kain dapat menahan droplet atau percikan air liur agar tidak menyebar kemana-mana. Penggunaan masker bedah dan masker kain pun tidak jauh berbeda. Hanya pada masker kain tidak memiliki pita logam seperti pada masker bedah. Sehingga pengguna masker kain harus memastikan bagian hidung, mulut, dan dagu tertutup seluruhnya dengan benar. Ikat kencang tali masker kain agar masker tidak mudah jatuh atau melorot ke bawah.

 

Walaupun dianjurkan, ada aturan khusus mengenai penggunaan masker kain. Disarankan penggunaan masker kain tidak melebihi 4 jam. Jika lebih dari itu, disarankan untuk mengganti dengan masker kain lainnya. Karena masker kain memang tidak seefektif masker bedah untuk mencegah penularan virus covid-19. Setelah digunakan, sebaiknya masker kain langsung dicuci atau sementara disimpan dalam wadah khusus. Untuk pencucian masker kain, Anda harus menggunakan sabun khusus yang dapat membunuh kuman. Lalu jemur dan pastikan masker kain benar-benar kering sebelum digunakan kembali.

 

Saat hendak menggunakan atau melepas masker kain atau bedah, perhatikan juga kebersihan tangan Anda. sebelum menyentuh masker yang akan dipakai, seseorang harus mencuci tangan terlebih dahulu dengan air bersih yang mengalir dan sabun. Begitu juga saat hendak melepas masker. Tangan Anda harus dibersihkan dengan cairan antiseptik berbahan dasar alkohol seperti Handy Clean untuk mencegah penyebaran virus penyebab penyakit. Handy Clean mengandung alkohol 70% dan chlorhexidine digluconate 0,5% yang dapat membunuh kuman. Lalu lepaskan masker secara perlahan dan hindari masker dari wajah dan pakaian.

 

gunakan cairan antiseptik Handy Clean selama masa pandemi covid

 

Mari bersama, kita mematuhi peraturan pemerintah dan otoritas kesehatan untuk mencegah angka penyebaran covid bertambah. Dan semoga Anda beserta keluarga juga tetap menjalankan budaya hidup sehat agar terhindar dari covid-19. Ayo rajin cuci tangan dengan menggunakan air bersih dan sabun atau menggunakan Handy Clean jika kondisinya tidak memungkinkan. Dapatkan Handy Clean dengan mudah di sini.

 

Terakhir, lengkapi nutrisi Anda dengan mengonsumsi makanan bergizi. Anda bisa beli nutrisi & alat kesehatan keluarga hemat & terpercaya online hanya di KALCare. Karena KALCare menjual alat kesehatan original & peralatan medis online harga hemat.

 

Salam,

 

KALCare

 

Sumber:

https://tirto.id/arti-new-normal-indonesia-tatanan-baru-beradaptasi-dengan-covid-19-fDB3

https://health.kompas.com/read/2020/04/19/133200768/beda-cara-penggunaan-masker-kain-dan-masker-bedah?page=all