Perlukah Menggunakan Breastfeeding Bra Selama Masa Menyusui?


Perlukah Menggunakan Breastfeeding Bra Selama Masa Menyusui?

Perlukah Menggunakan Breastfeeding Bra Selama Masa Menyusui?

Percaya atau tidak, selama masa menyusui, ukuran payudara Anda akan bertambah besar, sehingga bra yang biasanya Anda gunakan tidak mampu – dan sebaiknya memang tidak digunakan lagi untuk – menyangga payudara Anda. Terlebih, jika Anda menyusui bayi Anda, pastinya akan merasa kerepotan jika Anda menggunakan bra regular, karena keharusan membuka dan menggunakan kembali bra sebelum dan sesudah menyusui. Untuk itulah, bagi para ibu menyusui, diciptakan sebuah bra khusus, yang dinamakan breastfeeding bra atau bra menyusui.

 

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk memilih breastfeeding bra tertentu, diantaranya breastfeeding bra harus fleksibel, dan mampu memberikan ruang lebih ketika ibu menyusui. Selain itu, cup bra harus mudah dibuka dan ditutup kembali, serta nyaman digunakan oleh ibu menyusui, terutama jika terjadi pembengkakan pada payudaranya. Ketika breastfeeding bra tersebut dikenakan, bra tidak boleh menekan atau menyesakkan payudara, guna menghindari terjadinya radang kelenjar payudara, dan terhambatnya saluran menyusui.

 

Selain itu, berikut adalah hal-hal lain yang perlu Anda perhatikan ketika memilih breastfeeding bra:

 

  • Pilihlah breastfeeding bra dengan pengait yang kuat, sehingga membuat Anda nyaman.

 

  • Memiliki tali bra yang kuat, dan tidak mudah jatuh ke bahu.

 

  • Memiliki sisi samping dan belakang yang luas sebagai pendukung.

 

  • Memiliki bagian tengah bra yang dalam, sehingga membuat Anda nyaman selama masa menyusui.

 

  • Ketika mencoba bra, pastikan cup berukuran pas, dan menutup sebagian besar payudara (tidak menutup keseluruhan payudara). Selain itu, bagian tengah bra mampu menahan tulang dada.

 

  • Sebaiknya membeli breastfeeding bra pada masa akhir kemahilan (sekitar 1-2 bulan sebelum persalinan). Apabila membeli di masa awal kehamilan, maka ukuran payudara bisa saja tidak sesuai dengan ukuran payudara selama masa menyusui.

 

Menggunakan breastfeeding bra selama masa menyusui tentu dapat membantu Anda dalam mengoptimalkan pemberian ASI kepada bayi Anda. Selain itu, juga dapat membantu Anda terhindar dari rasa sesak dan tidak nyaman akibat perubahan ukuran payudara.

 

Jangan terlalu boros, Anda cukup membeli 3-4 buah breastfeeding bra saja, dan Anda bisa menyimpannya kembali untuk kehamilan dan masa menyusui berikutnya.

 

Salam,

KALBE e-Store