Perlukah Anak Meminum Multivitamin Anak

Perlukah Anak Meminum Multivitamin Anak

Banyak silang pendapat mengenai multivitamin anak, termasuk apakah harus diberikan atau tidak. Namun faktanya, anak memang membutuhkan asupan vitamin, yang berasal dari buah-buahan, sayur-sayuran, protein nabati dan hewani, biji-bijian, serta susu. Ini semua harus dipenuhi, karena mereka membutuhkannya tidak hanya untuk beraktivitas, namun juga untuk perkembangan fisik, mental, dan pola pikirnya. Akan tetapi, ada kalanya anak tidak mengkonsumsi makanan-makanan sehat dalam porsi yang direkomendasikan. Di sinilah, peran multivitamin dapat membantu mencukupi kebutuhan itu.

 

Kebanyakan dokter anak merekomendasikan multivitamin untuk anak, terutama dalam kondisi seperti:

 

  • Anak-anak yang memiliki kondisi medis kronis, seperti asma atau masalah pencernaan.

 

  • Anak-anak yang makan tidak teratur, atau tidak mendapatkan nutrisi seimbang dari apa yang dikonsumsinya.

 

  • Anak-anak yang sangat aktif secara fisik, sehingga membutuhkan lebih banyak tenaga.
  • Anak-anak yang sering pilih-pilih makanan, atau tidak cukup makan.

 

  • Anak-anak yang terlalu banyak makan makanan cepat saji atau olahan, dan yang terlalu banyak mengkonsumsi soda. Soda ternyata dapat melarutkan vitamin dan mineral dari tubuh mereka, lho.

 

  • Anak-anak yang harus menjalani program diet, da/atau mengalami intoleransi laktosa pada susu sapi, sehingga membutuhkan zat-zat yang terkandung dalam susu.

 

Multivitamin anak adalah suplemen yang mengandung kebutuhan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh anak, termasuk vitamin A yang baik untuk mendorong pertumbuhan dan perkembangan jaringan, serta untuk kesehatan kulit, mata, dan imun tubuh; vitamin B untuk membantu metabolisme tubuh, produksi energi, sistem peredaran darah, dan saraf yang sehat; vitamin C yang dapat mempertahankan kesehatan otot, jaringan ikat, dan kulit; serta vitamin D yang berguna untuk meningkatkan pembentukan tulang dan gigi, sekaligus membantu tubuh menyerap kalsium. Jangan lupa juga, kebutuhan zat besi yang penting untuk sel-sel darah merah yang sehat.

 

Namun, jangan jadikan multivitamin sebagai pengganti makanan bergizi ya, karena tubuh tentunya menyerap makanan dari bahan yang alami lebih efektif ketimbang dari suplemen. Jika memang diperlukan, pilihlah multiviamin yang dibuat khusus untuk anak, dan jangan memberikan lebih dari dosis yang disarankan.

 

Jangan menyebut multivitamin anak sebagai permen, dan jauhkan botolnya dari anak, karena anak bisa saja memintanya lagi dan lagi, jika ia menganggap hal itu sebagai cemilan, apalagi jika ia menyukai rasanya. Yang paling penting, tetaplah memberikan nutrisi alami dari buah, sayur, susu, protein, dan biji-bijian.

 

Salam,

KALBE e-Store