Perkembangan Vaksin Covid GX-19


Perkembangan Vaksin Covid GX-19

Perkembangan Vaksin Covid GX-19

Sudah 6 bulan coronavirus masuk ke Tanah Air. Penyebaran covid-19 yang terus bertambah setiap harinya membuat berbagai perusahaan farmasi Indonesia mencoba untuk membuat obat atau vaksin. Tidak terkecuali dengan PT KALBE Farma Tbk.

 

PT KALBE Farma Tbk tergabung dalam sebuah konsorsium yang terdiri dari perusahaan farmasi hingga institusi riset asal Korea Selatan untuk mengembangkan suatu jenis vaksin DNA. Konsorsium itu terdiri dari Genexine, Binex, International Vaccine Institute, Genbio, the Korea Advanced Institute of Science & Technology (KAIST) and Pohang University of Science & Technology (POSTECH). Dari kolaborasi tersebut telah didapatkan kandidat vaksin yang dikembangkan dan diberi nama GX-19. Vaksin ini juga telah mendapatkan izin uji coba klinis melalui evaluasi cepat dari Kementerian Makanan dan Keamanan Obat Indonesia.

 

ketahui perkembangan vaksin dari KALBE

 

Vaksin virus corona GX-19 saat ini telah memasuki tahap kedua. Pada tahap awal, vaksin ini diuji coba pada 40 peserta sukarelawan yang berusia 18-50 tahun di Korea Selatan. Dari uji coba yang dilakukan mulai pada 17 Juni lalu, peserta sukarelawan dinyatakan sehat.

 

Uji coba tahan kedua rencananya akan diadakan pada bulan Agustus dengan melibatkan lebih dari banyak orang hingga mencapai angka 150 peserta. Sehingga secara total, terdapat 190 peserta yang akan dievaluasi pada tahap ini. Rencananya uji coba tahap dua akan dilakukan pada negara lain selain Korea Selatan, termasuk Indonesia.

 

Uji klinis di Indonesia bertujuan untuk melihat reaksi keampuhan vaksin GX-90 dalam menangkal virus corona di Tanah Air. Sebab ada kemungkinan strain virus corona pada Korea Selatan dan Indonesia berbeda akibat virus yang sudah bermutasi. Peserta uji coba dalam studi ini akan dibagi menjadi tiga kelompok perlakuan. Dua kelompok akan diinjeksi kandidat vaksin GX-19 pada dosis tertentu, kemudian satu kelompok placebo.

 

Kerjasama KALBE dengan Genexine Inc juga bertujuan untuk memahami sifat virus corona yang menjadi pandemi global. Selain itu, riset ini dilakukan untuk mengidentifikasi varian genome dari strain corona yang ada di Tanah Air untuk menciptakan obat dan vaksin dalam menangani corona. Berdasarkan informasi dari Pemimpin Investigator uji klinis dokter Woo JungWon Ph.d, Vaksin GX-19 menggunakan platform DNA yang mengodekan suatu protein antigen dari virus. Dengan harapan saat vaksin DNA tersebut disuntik ke seseorang, maka orang tersebut akan menghasilkan antibodi penetral dari virus yang mampu membuatnya kebal ketika berhadapan kembali dengan patogen tersebut.

 

Direktur Utama PT KALBE Farma Tbk Vidjongtius optimis akan keberhasilan vaksin GX-19. Sebab beberapa waktu yang lalu, perusahaan menyampaikan telah siap untuk melakukan distribusi vaksin pada tahun 2021. Memang untuk distribusi tahap pertama, masih akan mengandalkan vaksin impor. Tetapi tentunya akan vaksin tersebut akan dikombinasikan dengan produksi lokal.

 

Tidak hanya melakukan impor vaksin, KALBE Farma juga mengupayakan proses transfer teknologi untuk dapat meningkatkan produksi vaksin dengan jumlah yang lebih banyak dari dalam Negeri. Sehingga tetap dilakukan pengkajian dan koordinasi lanjutan dengan berbagai pihak mengenai kapasitas produksi vaksin di Tanah Air.

 

Jika mengikuti kalkulasi dari Pemerintah, Indonesia membutuhkan setidaknya 340 juta dosis vaksin untuk diberikan kepada orang-orang yang berisiko. Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), skema vaksinasi akan lebih fokus pada orang-orang yang berisiko tinggi terhadap covid. Seperti pekerja pada sektor kesehatan, orang lanjut usia, dan usia muda yang memiliki komplikasi penyakit. Apabila semua sudah terpenuhi, maka target vaksinasi selanjutkan akan diberikan kepada 20% dari total populasi.

 

Walaupun masih harus menunggu hingga vaksin GX-19 siap diproduksi dan digunakan, tidak ada salahnya Fams mendukung upaya anak Bangsa untuk membuat inovasi kesehatan di masa pandemi. Jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan selama new normal. Dengan mengonsumsi makanan sehat, berolahraga, dan rajin mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan Handy Clean yang bisa Anda dapatkan dengan mudah di sini.

 

jaga kesehatan dengan Handy Clean sambil menunggu perkembangan vaksin covid-19

 

Salam,

KALCare

 

Sumber:

https://nasional.kompas.com/read/2020/06/18/18142961/vaksin-covid-19-kalbe-farma-mulai-diuji-klinis-kerja-sama-dengan-korea

https://www.cnbcindonesia.com/tech/20200724144733-37-175198/ini-vaksin-corona-yang-dikembangkan-kalbe-farma-dengan-korsel

https://www.cnbcindonesia.com/market/20200805120822-17-177547/kalbe-uji-klinis-vaksin-asal-korea-di-akhir-tahun-sabar-yah