Perhatikan Kondisi Kehamilan Berikut Sebelum Memutuskan Untuk Puasa


Perhatikan Kondisi Kehamilan Berikut Sebelum Memutuskan Untuk Puasa

Perhatikan Kondisi Kehamilan Berikut Sebelum Memutuskan Untuk Puasa

Bulan Ramadhan adalah bulan yang paling dinanti oleh umat Islam. Di bulan inilah setiap pemeluk agama Islam diwajibkan untuk berpuasa. Namun, tidak semua orang berpuasa karena itu diwajibkan. Ada juga yang memutuskan untuk berpuasa karena memang membutuhkan dan menginginkannya. Sebagian ibu hamil mungkin juga ada yang berpuasa atas dasar hal tersebut. Meski tidak ada larangan untuk berpuasa, ibu hamil tetap harus memperhatikan kondisinya. Kebutuhan nutrisi harus terpenuhi. Hal ini mungkin bisa dipenuhi dengan mengonsumsi susu ibu hamil. Namun selain itu, ada baiknya ibu hamil memperhatikan kondisi kesehatannya sebelum memutuskan untuk berpuasa.

 

Waktu Terbaik Bagi Ibu Hamil Untuk Berpuasa

Meski tidak ada larangan bagi ibu hamil untuk berpuasa, tidak semua ibu hamil memiliki kondisi yang sama. Beberapa ibu hamil justru tidak disarankan untuk berpuasa demi kebaikan dirinya dan janin yang sedang dikandung. Tapi ada satu patokan waktu di mana ibu hamil boleh berpuasa, yakni saat kehamilan sudah menginjak usia 4-7 bulan. Pada usia tersebut, tubuh ibu hamil sudah bisa menyesuaikan diri dengan perubahan hormon. Janin juga cenderung dalam kondisi stabil. Dengan bantuan susu ibu hamil, kebutuhan nutrisi ibu dan janin juga lebih mudah terpenuhi.

 

Lantas bagaimana dengan usia kehamilan 4-7 bulan? Apakah ibu hamil diperbolehkan untuk berpuasa? Di luar usia yang direkomendasikan, ada baiknya ibu hamil tidak berpuasa terlebih dahulu. Misalnya saja pada usia kehamilan di bawah 4 bulan. Di usia tersebut tubuh masih menyesuaikan dengan perubahan hormon. Perut juga sering terasa mual dan sering muntah. Sebaliknya, usia kehamilan di atas 7 bulan menuntut asupan nutrisi yang lebih banyak. Di saat inilah persiapan persalinan mulai dilakukan.

 

Melengkapi Kebutuhan Nutrisi Ibu Hamil

Bagi ibu hamil yang menjalankan ibadah puasa, mereka harus benar-benar memperhatikan apa yang mereka makan. Memastikan kebutuhan nutrisi tetap terpenuhi sangatlah penting. Sahur dengan karbohidrat kompleks, protein dan serat. Berbuka secukupnya dan jangan berlebihan. Makan tetap harus 3 kali sehari. Hanya saja, waktunya saja yang kini bergeser. Selain itu, jangan lupa juga untuk mengonsumsi susu ibu hamil. Susu hamil seperti susu Prenagen bisa membantu ibu hamil memenuhi kebutuhan nutrisi setiap harinya.

 

 

 

Salam,

KALBE Store