Perawatan Kulit Saat Terbakar Matahari


Perawatan Kulit Saat Terbakar Matahari

Perawatan Kulit Saat Terbakar Matahari

Perawatan kulit seperti apakah yang harus dilakukan jika kulit Anda terbakar matahari? Berikut ini kami sampaikan jawabannya.

 

Barton Schmitt, dokter spesialis anak di Rumah Sakit Anak Colorado, mengatakan bahwa, kulit yang terbakar awalnya mungkin tidak terasa. Namun, setelah 4-6 jam berikutnya, Anda akan mulai merasakan perih, dan kulit akan terlihat kemerahan. Jika itu yang Anda alami, pertama-tama, bersihkan dulu kulit terbakar Anda dengan cara mandi air dingin. Atau, kompres kulit terbakar dengan kain yang dingin.

 

Setelah itu, segera gunakan secara rutin krim atau lotion pelembab yang mengandung vitamin E dan C. Selain berguna untuk perawatan kulit, krim ini juga dapat membantu mengatasi kerusakan kulit. Alternatif lainnya, Anda juga dapat mengoleskan aftersun cream yang dapat mendinginkan kulit, melembabkannya, serta membantu meringankan rasa sesak akibat kulit yang terbakar matahari. Pelembab yang mengandung lidah buaya juga akan membantu menenangkan kulit Anda. Lotion yang mengandung kalamin pun dapat meringankan rasa gatal atau nyeri. Namun, jangan tergoda untuk menggosok atau mengelupas kulit Anda, ya.

 

Ketika kulit Anda terbakar, cairan pun banyak dilepaskan dari tubuh, sehingga minumlah air dalam jumlah banyak, atau jus buah alami. Perhatikan pula bila muncul tanda-tanda dehidrasi, seperti mulut kering, rasa haus, buang air kecil berkurang, sakit kepala, dan sering mengantuk. Dengan minum banyak cairan, dapat menggantikan air yang hilang melalui keringat. Namun, hindari minum minuman beralkohol ya, karena ini justru akan membuat Anda mengalami dehidrasi.

 

Anda juga dapat mencoba mengobati kulit dengan menggunakan teh hitam yang diseduh, dan mengkompreskan ke atas kulit Anda setelah teh dingin. Asam tannic dalam teh hitam dapat membantu menarik panas dari kulit yang terbakar matahari, dan juga membantu memulihkan keseimbangan pH. Gunakan juga ketimun dingin yang telah dihaluskan untuk dioleskan pada tubuh termasuk pada bagian wajah. Ketimun memiliki kandungan antioksidan alami dengan sifat menahan rasa sakit.

 

Obat penghilang rasa sakit juga dapat membantu mengurangi peradangan yang disebabkan oleh sengatan matahari. Parasetamol, misalnya, dapat digunakan untuk mengobati rasa sakit dan mengontrol demam – jika ada. Ibuprofen dapat membantu menghentikan pembengkakan dan kemerahan, serta mengobati gejala yang makin parah terkait kerusakan kulit.

 

Nah, itu dia langkah-langkah yang sebaiknya Anda lakukan jika kulit Anda tersengat matahari. Setelah Anda pulih, hal yang paling penting adalah, gunakan tabir surya yang juga baik untuk perawatan kulit dan menghindari paparan sinar matahari secara langsung.

 

 

 

Salam,

KALBE Store