Peranan Oat untuk Kesehatan Tubuh


Peranan Oat untuk Kesehatan Tubuh

Peranan Oat untuk Kesehatan Tubuh

Peran oat untuk kesehatan tubuh telah diketahui sejak lama. Bahkan, oat sudah dijadikan bahan pangan sejak lebih dari 2.000 tahun yang lalu!

 

Sebelum dikonsumsi sebagai makanan sehari-hari, oats telah digunakan untuk keperluan medis. Karena manfaatnya tersebut, kini oat semakin popular sebagai bahan makanan super, yang baik untuk dikonsumsi setiap hari.

 

Beberapa penelitian modern pun telah mendukung klaim bahwa oat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa rangkumannya.

 

 The American Diabetes Association merekomendasikan pasien diabetes untuk mengonsumsi biji-bijian, terutama gandum dan oats, untuk membantu mengontrol kadar glukosa dalam darah.

 

 Celiac adalah salah satu sindrom yang terjadi pada sistem pencernaan, khususnya di dalam usus, di mana usus tidak mampu menyerap makanan. Namun, penderita celiac dapat mengonsumsi oat, meskipun oat mengandung sedikit gluten di dalamnya.

 Sebuah studi yang diterbitkan oleh Archives of Internal Medicine mengonfirmasikan bahwa, mengonsumsi makanan yang kaya akan serat, salah satunya oat, membantu mencegah terjadinya penyakit jantung. Studi tersebut menemukan bahwa, partisipan yang mengonsumsi serat secara teratur dapat mengurangi risikonya terserang penyakit jantung koroner sebesar 15%, dan penyakit jantung serta kardiovaskuler lainnya sebesar 10%.

 

 Beta-glucan yang terdapat dalam oat mampu memperkuat sistem imun tubuh terhadap bakteri, dan memungkinkan sistem imunitas untuk mengetahui lokasi bakteri yang menginfeksi dalam tubuh dengan lebih cepat, sehingga mampu mengatasinya dengan lebih cepat.

 

 International Journal of Epidemiology menyebutkan bahwa, partisipan penelitian yang berjenis kelamin perempuan, dan mengonsumsi serat yang bersumber dari oat, secara signifikan mampu mengurangi potensinya terserang penyakit kanker payudara.

 

 Mengonsumsi oat dengan buah-buahan juga mampu mengurangi 50% risiko penyakit asma, terutama pada anak-anak jika dibandingkan dengan anak-anak sebayanya yang tidak mengonsumsinya.

 

 Oat pun mampu menurunkan berat badan, karena membuat seseorang menjadi kenyang lebih lama sehingga baik bagi penderita obesitas.

 

Oat juga merupakan sumber terbaik bagi beberapa jenis mineral, seperti mangan, vitamin B1, magnesium, serat, zinc, protei,n dan zat gizi lainnya. Jadi, tunggu apa lagi? Masukkan oats ke dalam menu makanan Anda sehari-hari, khususnya untuk menu sarapan. Sarapan dengan oats lebih baik, jika dibandingkan dengan makanan lainnya sebagai penunjang aktivitas Anda dan keluarga, sekaligus untuk menjaga kesehatan tubuh, lho.

 

 

 

Salam,

Kalbe Store