Si Kecil Tidak Mau Minum ASI? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Si Kecil Tidak Mau Minum ASI? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Bayi usia 0-6 bulan membutuhkan ASI eksklusif sebagai makanan utamanya. Bisa dibilang, inilah satu-satunya makanan yang boleh ia terima. Sistem pencernaannya yang belum sempurna membuatnya belum siap untuk menerima makanan lain. Bahkan susu formula pun sebaiknya jangan diberikan di usia tersebut. Akan tetapi, tak jarang si kecil sulit menerima ASI. Penyebabnya pun beragam. Bisa karena merasa kurang nyaman dengan lingkungan sekitarnya atau alasan lainnya. Untuk itu, penting bagi ibu menyusui untuk mengetahui penyebab si kecil tidak mau minum ASI.

 

Posisi Menyusui yang Kurang Nyaman

Posisi paling ideal untuk menyusui adalah dalam posisi miring dan kepala bayi diletakkan lebih tinggi dibanding badannya. Posisi seperti ini akan memudahkan bayi untuk minum ASI. Selain itu, risiko tersedak juga bisa ditekan. Jika si kecil tidak mau minum ASI, bisa jadi karena posisi ideal tersebut belum tercapai.

 

Jarang Mendapatkan ASI

Bayi yang jarang mendapat ASI relatif sulit untuk menerima ASI kembali. Ini juga membuat produksi ASI menjadi berkurang. Memberi ASI tidak harus selalu menunggu si kecil menangis terlebih dahulu. Anda bisa memberikannya sewaktu-waktu. Jika si kecil memang sedang lapar, ia pasti menerimanya. Agar produksi ASI tidak berkurang, sebaiknya perah secara berkala sehingga tubuh bisa memproduksi ASI yang baru.

 

Aroma Ibu Tidak Seperti Biasanya

Mungkin terdengar sepele. Akan tetapi aroma bisa membuat bayi enggan untuk menerima ASI yang diberikan. Ia akan merasa asing. Karena itu, jangan terlalu sering berganti parfum apalagi sampai terburu-buru memberi susu formula.

 

Terlalu Sering Minum Lewat Botol

ASI perah memang membantu para ibu untuk tetap memberikan ASI eksklusif meski sedang bekerja sekalipun. Akan tetapi, jangan terlalu sering memberinya lewat botol. Jika terlalu sering, bayi jadi terlalu terbiasa dengan itu dan sulit untuk minum ASI dari puting ibunya.

 

 

Penyebab lain yang mungkin terjadi adalah bayi yang sudah mulai tertarik dengan makanan, sedang tumbuh gigi, sudah merasa kenyang atau karena sedang sakit. Cermati kondisi bayi untuk memastikannya. Selama belum menginjak usia 1 tahun, sebaiknya hindari pemberian susu formula. Kalaupun memang tidak ada pilihan lain, berilah susu yang sesuai dengan usianya dan pilih susu yang berkualitas seperti Susu Morinaga.

 

 

 

Salam,

KALBE Store