Si Kecil Tidak Mau Makan? Mungkin Ini Penyebabnya

Si Kecil Tidak Mau Makan? Mungkin Ini Penyebabnya

Sedih rasanya saat melihat si kecil tidak mau makan. Padahal, anak-anak jelas membutuhkan banyak nutrisi untuk mendukung pertumbuhannya. Susu formula memang bisa membantu melengkapi kebutuhan nutrisinya. Tapi susu hanyalah makanan pelengkap. Tidak tepat jika terlalu mengandalkannya sebagai sumber nutrisi utama. Sebagai orang tua, Anda pun mungkin mulai bertanya-tanya. Apa yang membuat si kecil tidak mau makan? Berikut beberapa penyebabnya.

 

Terbentuknya Selera Rasa

Setelah si kecil mengenal beberapa rasa, di saat itulah ia mulai memiliki selera rasanya sendiri. Anak jadi lebih pemilih. Ia juga mulai menginginkan makanan dengan rasa tertentu. Sebenarnya ini bukanlah hal yang buruk. Anda hanya perlu mengarahkannya. Jika si kecil memang sudah memiliki selera rasa sendiri, cobalah untuk membuatkan makanan yang sesuai dengan seleranya.

 

Bosan dengan Makanannya

Ini bisa saja dialami jika si kecil terlalu sering mengonsumsi makanan tertentu tanpa banyak variasi. Orang dewasa juga demikian. Masalah ini sebenarnya bisa diantisipasi dengan memberi makanan yang beragam. Jangan terlalu sering menyajikan makanan yang sama secara berulang-ulang. Jika Anda memberinya beberapa pilihan, si kecil akan mendapatkan kesempatan untuk bereksplorasi dan terhindar dari rasa bosan.

 

Terlalu Banyak Makan Camilan

Sebenarnya memberi camilan itu sah-sah saja. Hanya saja waktu dan jenis camilannya tetap harus diperhatikan. Jika si kecil mendapatkan camilan manis atau gurih terlalu dekat dengan waktu makan besar, kecil kemungkinan ia mau makan. Untuk itu, bersikaplah disiplin. Atur waktu mengonsumsi camilan. Selain itu, buatkan camilan yang sehat dan beri si kecil susu formula.

 

Sedang Sakit

Selera makan memang cenderung menurun saat sedang sakit. Tanda-tandanya biasanya sangat jelas. Misalnya saja anak jadi lebih pendiam, tidak aktif bergerak dan kelihatan lesu. Saat diberi makanan atau camilan favoritnya ia juga tidak terlihat antusias.

 

 

Dengan mengetahui penyebab si kecil tidak mau makan, Anda bisa mengambil langkah yang tepat untuk mengatasi masalah ini. Jangan lupa untuk memberi si kecil susu formula. Berikan susu yang sesuai dengan usianya. Demi tumbuh kembang yang lebih optimal, Anda selalu bisa mempercayakannya pada Susu Morinaga.

 

 

 

Salam,

KALBE Store