Penyebab Persalinan Caesar pada Ibu Hamil


Penyebab Persalinan Caesar pada Ibu Hamil

Penyebab Persalinan Caesar pada Ibu Hamil

Setiap ibu pasti menginginkan kehamilan yang sehat serta persalinan yang normal melalui vagina. Maka tidak heran untuk mendukung kedua hal tersebut, semasa kehamilan ibu melakukan berbagai upaya menjaga kesehatan tubuh. Mulai dari mengonsumsi makanan bergizi, melatih pernapasan, hingga mengonsumsi susu kehamilan Prenagen Mommy.

 

ibu hamil perlu tahu penyebab persalinan caesar terjadi

 

Namun sayangnya, beberapa ibu harus melakukan proses persalinan caesar karena kondisi tertentu. Padahal rata-rata ibu hamil menghindari bahkan menjadikan operasi caesar sebagai opsi terakhir untuk melahirkan buah hati karena waktu pemulihan yang cukup lama serta risiko akan komplikasi. Nah, berikut ini adalah kondisi-kondisi tertentu yang mengharuskan ibu hamil melakukan operasi caesar.

 

1. Masalah pada plasenta dan tali pusat

Plasenta dan tali pusat yang bermasalah dapat menyebabkan bayi harus lahir melalui operasi caesar. Misalnya kondisi solusio plasenta yang merupakan pemisahan plasenta dari lapisan rahim sehingga ibu mengalami pendarahan dari situs perpisahan dan rasa sakit pada rahim. Pemisahan ini dapat mengganggu asupan oksigen ke bayi, sehingga terkadang operasi caesar darurat dapat dilakukan. Selain itu kondisi prolaps tali pusar yang mana tali pusat menyusup melalui serviks dan menjulur dari vagina sebelum bayi lahir. Kondisi ini berbahaya jika terjadi kontraksi, karena dapat menyebabkan tekanan pada tali pusat yang mengurangi aliran darah ke bayi.

 

2. Posisi bayi sungsang

Persalinan normal yang berhasil harus memosisikan kepala bayi lebih dulu di dekat saluran kelahiran. Tetapi terkadang bayi tidak berada pada posisi normal. Misalnya seperti kaki atau bokong bayi ke arah saluran kelahiran, yang selanjutnya disebut sebagai posisis sungsang. Jika ini terjadi, persalinan caesar sering dijadikan satu-satunya pilihan yang ditempuh oleh dokter karena dianggap paling aman dalam menangani kasus tersebut.

 

3. Masalah kesehatan pada ibu hamil

 

masalah kesehatan ibu hamil dapat menyebabkan proses persalinan melalui operasi caesar

 

Masalah kesehatan pada ibu hamil dapat membuat persalinan caesar menjadi pilihan utama dibandingkan persalinan normal. Misalnya ibu memiliki penyakit aktif herpes genital sehingga operasi caesar dilakukan agar bayi terhindar dari paparan virus. Sama dengan kondisi ibu yang mengalami diabetes gestasional, persalinan caesar perlu dilakukan karena risiko komplikasi yang berdampak pada janin. Selain itu kondisi rahim yang sobek atau ruptur uteri yang dapat menyebabkan pendarahan pada ibu dan mengganggu pasokan oksigen bayi juga perlu melakukan operasi caesar.

 

4. Persalinan normal yang berjalan lambat

Kondisi persalinan normal yang memakan waktu lama dijadikan alasan operasi caesar dilakukan. Kondisi ini dapat terjadi ketika ibu tidak kunjung melahirkan selama 20 jam atau lebih. Persalinan normal yang lama dapat terjadi ketika serviks belum membesar sepenuhnya, persalinan melambat atau berhenti, atau bayi tidak dalam posisi kelahiran yang optimal. Sehingga dokter akan mempertimbangkan caesar sebagai cara untuk menghindari komplikasi.

 

5. Masalah kesehatan janin

Kondisi terakhir yang mengharuskan ibu melahirkan melalui operasi caesar karena adanya gangguan pada kesehatan janin. Misalnya bayi yang didiagnosis dengan cacat lahir tertentu, seperti kelebihan cairan di otak atau penyakit jantung bawaan. Lalu kondisi seperti gawat janin dan preeklampsia juga mengharuskan ibu melewati proses persalinan secara caesar.

 

Itulah 5 kondisi yang membuat ibu harus melakukan persalinan caesar. Sebenarnya cara bersalin apapun yang ibu pilih memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tetapi tentunya kekurangan dapat diminimalisir dengan menjaga kesehatan tubuh ibu dan janin, serta bantuan yang diberikan oleh tim medis.

 

Yuk dukung kehamilan yang sehat dengan Prenagen Mommy. Prenagen merupakan produk susu kehamilan dengan formula PRENAPro untuk menjaga stamina ibu lebih fit serta janin lahir dengan berat badan yang sesuai. Anda bisa dapatkan segera Prenagen Mommy dengan mudah di sini.

 

cegah masalah kehamilan yang menyebabkan persalinan caesar dengan Prenagen Mommy

 

Salam,

KALCare

 

Sumber:

https://hot.liputan6.com/read/4122448/14-penyebab-ibu-harus-melahirkan-secara-caesar