Penyebab Mual Saat Hamil Muda


Penyebab Mual Saat Hamil Muda

Penyebab Mual Saat Hamil Muda

Mual dan sering muntah, kondisi ini kerap dialami oleh ibu hamil yang baru memasuki trimester pertama. Setiap bangun pagi atau setiap kali mencium bau yang cukup tajam, perut mulai bereaksi. Mual yang dirasakan tidak selalu sama antara ibu hamil yang satu dengan yang lainnya. Namun tetap saja, kondisi ini cukup mengganggu aktivitas. Bahkan sekedar minum susu ibu hamil saja cukup merepotkan. Perubahan hormon memang dikenal sebagai salah satu penyebabnya. Namun ini hanya salah satunya saja. Berikut beberapa hal yang juga dapat menyebabkan mual saat hamil muda.

 

Perubahan Metabolisme Tubuh

Dibanding sebelumnya, ada penurunan metabolisme pada ibu hamil. Kondisi ini pun turut mempengaruhi sistem imun sang ibu. Tidak hanya itu saja, menurunnya metabolisme tubuh juga turut memicu mual dan muntah di trimester pertama kehamilan. Untuk mengurangi rasa mual di masa kehamilan, Anda bisa mengonsumsi susu ibu hamil rasa cokelat.

 

Asam Lambung

Perubahan hormon bukanlah satu-satunya penyebab mual selama masa kehamilan. Asam lambung juga bisa jadi salah satu penyebabnya. Pada ibu hamil yang memiliki masalah ini, mual yang dirasakan biasanya cukup parah, bahkan lebih parah dibandingkan dengan ibu hamil pada umumnya. Agar asam lambung tidak semakin parah, jangan biarkan perut kosong untuk waktu yang lama. Makanlah sedikit meski perut sulit diajak bekerja sama.

 

Organ Pencernaan yang Terdesak

Mual selama kehamilan tidak hanya terjadi di trimester pertama saja. Di saat-saat jelang persalinan mual juga masih bisa dirasakan. Namun berbeda dengan sebelumnya, mual di masa-masa seperti ini lebih disebabkan oleh janin yang semakin besar hingga mendesak pencernaan sang ibu.

 

Faktor Psikologis

Kesehatan fisik dan kesehatan psikologis saling terkait antara satu dengan yang lain. Mual selama kehamilan juga tidak sepenuhnya terlepas dari kondisi psikologis sang ibu. Jika ibu hamil merasa tertekan, mual yang dirasakan bisa semakin parah. Untuk itulah, kontrol terhadap stres juga diperlukan.

 

 

Rasa mual yang dirasakan selama kehamilan jelas akan mengganggu pola makan ibu hamil. Untuk itu, Anda membutuhkan susu ibu hamil untuk mengimbangi kebutuhan nutrisi harian. Pilihlah yang bergizi seimbang. Pilih yang baunya tidak terlalu tajam. Untuk yang satu ini, Susu Prenagen memiliki beberapa varian yang bisa disesuaikan dengan selera dan kebutuhan.

 

 

 

Salam,

KALBE Store