Penyebab Kolesterol Tinggi Dalam Tubuh


Penyebab Kolesterol Tinggi Dalam Tubuh

Penyebab Kolesterol Tinggi Dalam Tubuh

Kolesterol mungkin tak mematikan. Namun saat kadar kolesterol mencapai angka yang berbahaya, gangguan kesehatan ini bisa memicu berbagai macam penyakit seperti stroke hingga penyakit jantung. Lebih berbahayanya lagi, Kolesterol bisa dialami oleh siapapun bahkan mereka yang masih muda. Memahami penyebab kolesterol tentu sangat membantu dalam menekan resiko terburuk. Namun secara umum, penyebab kolesterol ini dapat dibagi menjadi 2.

 

Faktor Penyebab yang Dapat Dikontrol

Sebagian besar penyebab kolesterol sebenarnya masuk dalam jajaran faktor yang dapat dikontrol. Faktor penyebab yang satu ini erat kaitannya dengan gaya hidup. Makanan yang banyak mengandung lemak jenuh adalah salah satu contohnya. Selain itu kebiasaan merokok dan minum kopi secara berlebih juga menjadi bagian dari faktor penyebab kolesterol yang dapat dikontrol.

 

Faktor penyebab kolesterol lain yang juga masuk dalam kategori ini diantaranya adalah obesitas, stress, diet yang salah, kurang aktivitas fisik dan diabetes melitus. Karena penyebab-penyebab tersebut dapat dikontrol, cara mengatasinya juga relatif lebih mudah

 

Faktor Penyebab yang Tidak Dapat Dikontrol

Tidak semua penyebab kolesterol dapat dikontrol. Ada juga beberapa penyebab yang di luar jangkauan manusia. Salah satu diantaranya adalah keturunan. Mereka yang lahir dari keluarga yang memiliki masalah kolesterol tinggi memiliki resiko lebih besar untuk mengalami gangguan kesehatan ini. Resiko tersebut juga terbilang tinggi. Dibandingkan dengan mereka yang lahir dari keluarga yang tidak memiliki riwayat kolesterol, anak yang lahir dari keluarga yang memiliki riwayat gangguan kesehatan ini memiliki resiko 6 kali lebih besar.

 

Faktor penyebab lain yang juga masuk dalam kategori ini adalah usia. Kolesterol cenderung akan mengalami peningkatan setelah menginjak usia 20 tahun. Pada laki-laki, tingkat kenaikannya lebih tinggi saat mulai masuk usia 50 tahun. Sedangkan pada wanita, kenaikan kolesterol ini semakin mudah saat memasuki masa monopause.

 

Kolesterol bukanlah gangguan kesehatan yang pasti dialami oleh setiap orang dan pasti sampai ke titik yang berbahaya. Dengan menerapkan gaya hidup sehat, resikonya bisa ditekan. Namun untuk meningkatkan peluang terbebas dari kolesterol, Anda juga harus melengkapinya dengan minuman penurun kolesterol seperti Nutrive Benecol. Dengan mengkonsumsinya secara teratur, kolesterol jahat akan turun secara signifikan.

 

 

 

Salam,

KALBE Store