Penyebab Kolesterol Tinggi Dalam Tubuh


Penyebab Kolesterol Tinggi Dalam Tubuh

Penyebab Kolesterol Tinggi Dalam Tubuh

Banyak orang mengeluhkan bahwa kadar kolesterol dalam tubuhnya tinggi. Padahal hal ini tidak lain disebabkan karena pola hidup yang salah.

 

Kadar kolesterol tinggi ternyata bisa menyebabkan berbagai macam penyakit berbahaya seperti serangan jantung, darah tinggi dan masih banyak lagi. Namun sebenarnya apa saja penyebab kadar kolesterol yang tinggi di dalam tubuh?

 

1. Makanan yang mengandung lemak jenuh

Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung kadar lemak jenuh bisa menyebabkan kolesterol tinggi dalam tubuh seperti daging merah, beberapa makanan cepat saji, sosis, keju keras, lemak , kue kering, dan masih banyak lagi. Jika ingin menjaga kadar kolesterol dalam tubuh, sebaiknya hindari makanan-makanan tersebut.

 

2. Kurang berolahraga

Orang yang tidak pernah berolahraga dan paling banyak duduk/berbaring lebih memilki kadar LDL (kolesterol jahat) lebih tinggi dibandingkan orang yang gemar berolahraga.

 

3. Berat badan

Orang yang obesitas jauh lebih rentan memiliki tingkat LDL lebih tinggi dibandingkan dengan orang dengan berat badan yang normal.

 

4. Merokok

Merokok dapat memberikan efek yang cukup besar pada kolesterol jahat dalam tubuh.

 

5. Genetika

Orang yang memiliki anggota keluarga dekat yang sudah terkena penyakit jantung koroner atau stroke, sangat berisiko terkena kolesterol tinggi dalam darah.

 

6. Jenis kelamin

Laki-laki memiliki kemungkinan yang lebih besar terkena kolesterol jika dibandingkan dengan wanita.

 

7. Usia

Semakin tua usia seseorang, maka akan semakin besar kesempatan terkena kolesterol.

 

8. Awal menopause

Seorang wanita yang mengalami menopause lebih awal ternyata lebih rentan terhadap kolesterol yang lebih tinggi dibandingkan dengan wanita yang menopause normal.

 

Lalu bagaimana cara mendiagnosa kolesterol tinggi ?

Kadar kolesterol dalam tubuh bisa diukur melalui tes darah sederhana. Penting untuk tidak mengonsumsi apa-apa selama 12 jam sebelum pengambilan sampel darah.

 

Sampel darah ini akan diuji untuk mengetahui tingkat LDL dan HDL, serta kadar trigliserida dalam darah.

 

Untuk mengatasi kolesterol yang tinggi, solusinya adalah dengan mengubah gaya hidup. Konsumsilah lebih banyak buah-buahan, sayuran, dan gandum.

 

Hindarilah makanan yang memiliki lemak jenuh, tidur yang cukup, dan normalkan kembali berat badan Anda.

 

Itulah beberapa penyebab kadar kolesterol dalam tubuh Anda tinggi, menjaga kesehatan khususnya menjaga makanan adalah faktor utama agar tubuh Anda senantiasa sehat dan terhindar dari kolesterol. Dan, bisa dengan mengonsumsi nutrisi khusus seperti Nutrive Benecol.

 

 

 

Salam,

KALBE Store