Kaki Sering Terasa Lemas Saat Hamil? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Kaki Sering Terasa Lemas Saat Hamil? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Perubahan hormon yang terjadi selama masa kehamilan berimbas pada banyak hal. Tubuh jadi terasa tidak nyaman. Perut sering mual bahkan tak jarang kaki sering terasa lemas. Kondisi ini bisa terjadi sewaktu-waktu. Namun untuk kaki lemas sendiri, umumnya ini muncul saat memasuki trimester akhir. Tuntutan untuk menjaga asupan nutrisi dan minum susu ibu hamil semakin tinggi. Tapi apa yang menyebabkan kaki lemas saat hamil? Berikut penyebabnya.

 

Dehidrasi

Ibu hamil tidak hanya membutuhkan makanan sehat seimbang. Anda juga perlu minum air putih dalam jumlah yang cukup. Dehidrasi atau kurangnya cairan dalam tubuh bisa membuat tubuh terasa lemas dan kepala pusing. Meski sering minum air sekalipun Anda juga harus mempertimbangkan seberapa banyak cairan yang keluar dari dalam tubuh saat muntah ataupun buang air. Jika melihat hal tersebut, tentu saja Anda harus minum lebih banyak dari biasanya.

 

Kekurangan Nutrisi

Kebutuhan nutrisi ibu hamil cenderung mengalami peningkatan. Jadi jika dari porsi makannya masih sama dengan sebelumnya, hampir bisa dipastikan ibu hamil akan kekurangan gizi. Inilah yang membuat tubuh dan kaki terasa lemas. Untuk itu, pastikan asupan nutrisi harian tercukupi. Anda juga akan membutuhkan susu ibu hamil untuk membantu memenuhi kebutuhan tersebut.

 

Anemia

Gangguan kesehatan seperti anemia bisa membuat tubuh terasa lemas dan kurang bertenaga. Anemia sendiri bisa disebabkan oleh beberapa hal. Selain karena kekurangan zat besi, pendarahan juga bisa menyebabkan anemia. Untuk mengatasi masalah ini, Anda akan membutuhkan makanan tinggi zat besi dan suplemen tambahan.

 

Stres

Rasa tidak nyaman selama hamil bisa membuat ibu hamil merasa stres. Belum lagi masalah-masalah lain yang juga sedang dihadapi. Semua itu bisa mempengaruhi kondisi kesehatan sang ibu dan janin. Jika kondisi ini dibiarkan begitu saja, tubuh akan kelelahan. Tidak mengherankan, kaki jari terasa lemas.

 

 

Menjaga kesehatan di masa kehamilan tidak hanya terbatas pada mengonsumsi makanan sehat dan susu ibu hamil saja. Kesehatan psikis juga harus dijaga. Peran pasangan dan keluarga sangat penting di sana. Dan untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian, minum Susu Prenagen secara teratur.

 

 

 

Salam,

KALCare