Waspada! Ini Penyebab Janin Tidak Berkembang


Waspada! Ini Penyebab Janin Tidak Berkembang

Waspada! Ini Penyebab Janin Tidak Berkembang

Seiring dengan bertambahnya usia kehamilan, janin akan berkembang menjadi semakin besar. Akan tetapi ada juga satu kondisi di mana janin tidak berkembang secara normal. Perkembangannya lambat jika dibandingkan dengan perkembangan janin pada umumnya. Kondisi janin tidak berkembang seperti ini dikenal sebagai IUGR (Intrauterine Growth Restriction). Jika mengalami hal ini, mengonsumsi makanan sehat hingga susu ibu hamil pun tidak akan banyak berguna. Ibu hamil butuh penanganan medis segera. Namun apa yang menyebabkan janin tidak berkembang? Berikut beberapa penyebabnya.

 

Adanya Kelainan Plasenta

Bentuk plasenta yang terlalu kecil atau tidak memiliki memiliki bentuk sempurna bisa menyebabkan janin sulit berkembang. Fungsinya dalam mengirim oksigen dan nutrisi ke dalam janin tidak akan berlangsung dengan baik. Akibatnya, janin mengalami kondisi yang disebut dengan IUGR.

 

Masalah Medis yang Dialami Sang Ibu

Selama kehamilan, ibu hamil diwajibkan menjaga kondisi kesehatannya. Itu karena kesehatan sang ibu akan berdampak besar pada perkembangan janin. Beberapa penyakit seperti diabetes, penyakit jantung, paru-paru, ginjal hingga anemia sel sabit bahkan bisa menyebabkan bayi sulit berkembang. Penyakit lain seperti hipertensi kronis, preeklampsia pada trimester kedua juga bisa menyebabkan IUGR. Karena itu, asupan makanan dan konsumsi susu ibu hamil harus dijaga.

 

Kebiasaan yang Kurang Sehat

Merokok hingga penggunaan obat-obatan terlarang sangat dilarang untuk ibu hamil. Seperti yang diketahui, merokok bisa menyebabkan berbagai macam penyakit. Bahkan dalam kondisi tidak hamil pun merokok bisa menyebabkan gangguan kesehatan. Apalagi penggunaan obat-obatan terlarang. Kerusakan yang ditimbulkannya akan memperburuk kondisi janin. Janin pun sulit berkembang bahkan terancam keselamatannya.

 

 

Ibu hamil harus menjaga kondisi kesehatannya selama kehamilan. Makan makanan sehat dan bergizi seimbang. Pastikan semua nutrisi yang dibutuhkan terpenuhi. Ini bisa dilakukan dengan mengatur menu makanan harian dan menambahkan susu ibu hamil. Meski demikian, aktivitas fisik juga harus dijaga. Melalui aktivitas fisik inilah daya tahan tubuh dan kekuatan fisik terjaga. Pilih saja olahraga yang tidak terlalu berat seperti senam hamil. Agar kebutuhan nutrisi tetap terpenuhi, pastikan untuk memilih susu hamil terbaik seperti Susu Prenagen.

 

 

 

Salam,

KALBE Store