Penyebab Gangguan Pencernaan Pada Lansia

Penyebab Gangguan Pencernaan Pada Lansia

Gangguan pencernaan kerap kali menimpa mereka yang telah berusia senja. Temukan faktor-faktor penyebab, serta cara mengatasinya sedari dini berikut ini.

Bertambahnya usia seringkali dibarengi dengan bertambahnya gangguan kesehatan pada tubuh, termasuk gangguan pada sistem pencernaan. Tak dapat dipungkiri lagi, pada saat usia bertambah, banyak fungsi tubuh yang menurun. Hal itu menyebabkan kerja sistem pencernaan tidak seefisien sebelumnya, di mana otot-ototnya menjadi lebih kaku, lemah dan tidak efisien. Sel tubuh juga tidak beregenerasi secepat saat Anda muda, sehingga jaringan pada sistem pencernaan menjadi lebih sensitif, dan mudah mengalami luka.

 

Beberapa jenis gangguan yang seringkali dialami oleh mereka yang telah berusia uzur, misalnya konstipasi, sakit maag, tukak lambung, diare, perut kembung, serta sindrom iritasi usus besar. Gangguan pada sistem pencernaan di atas dapat bertambah parah, terutama jika Anda mengidap beberapa penyakit tertentu seperti diabetes, penyumbatan arteri, hipertensi dan sebagainya, yang kemudian mengharuskan Anda mengonsumsi obat-obatan. Selain itu, perubahan kebiasaan, serta gaya hidup yang mengakibatkan stress, juga diyakini turut menimbulkan gangguan pencernaan pada mereka yang berusia lanjut.

 

Nah, agar sistem pencernaan tetap dalam kondisi prima, ada baiknya kita mulai melakukan tindakan preventif sedari dini, yakni dengan menjalankan pola hidup sehat berikut ini:

 

> Mengonsumsi makanan bernutrisi yang aman dan nyaman bagi lambung. Ini termasuk mengurangi makanan berminyak, berlemak, bersantan, pedas, asam, alkohol, dan kafein.

 

> Menghindari makan terlalu cepat dan terlalu banyak. Biasakan makan dengan perlahan agar makanan terkunyah dengan baik, serta dengan porsi secukupnya agar tidak memberatkan kerja sistem pencernaan Anda.

 

> Lebih banyak mengonsumsi makanan yang mengandung banyak serat, terutama berbagai jenis sayuran dan buah-buahan.

 

> Menjaga hidrasi tubuh dengan banyak minum air putih, minimal 2 liter sehari.

 

> Rajin berolahraga, serta menghindari gaya hidup dengan tingkat stress yang tinggi.

 

Nah, dengan begitu, diharapkan Anda dapat memiliki sistem pencernaaan yang selalu sehat, dan Anda akan terhindar dari segala jenis gangguan pencernaan hingga usia senja.

 

 

 

Salam,

KALBE e-Store