Penyebab Demensia Pada Pasien Stroke

Penyebab Demensia Pada Pasien Stroke

Demensia atau pikun dapat menyerang siapa saja. Memang, biasanya penyakit ini seringkali dikaitkan dengan orang-orang yang sudah memasuki usia senja. Tapi tahukah Anda? Orang-orang yang mengalami serangan stroke memiliki risiko terkena demensia hingga dua kali lipat. Simak selengkapnya di sini!

 

Stroke dan Demensia

 

Sebelum mengetahui apa pengaruh stroke terhadap demensia, sebaiknya Anda kondisi kedua penyakit ini terlebih dahulu. Stroke merupakan kondisi kematian jaringan otak yang terjadi karena berkurangnya aliran darah dan oksigen ke otak. Stroke bisa berupa iskemik (sumbatan) maupun hemoragik (pendarahan). Pada stroke iskemik, aliran darah ke otak terhenti karena adanya sumbatan atau bekuan darah yang menyumbat suatu pembuluh darah. Lalu pada stroke hemoragik, pembuluh darah pecah dan menyebabkan terhambatnya aliran darah yang normal serta darah keluar ke jaringan otak.

 

 

 

penyakit stroke dapat menyebabkan demensia

 

 

 

Demensia sendiri merupakan sindrom penurunan fungsi intelektual sehingga dapat mengganggu aktivitas sosial dan profesional yang terlihat dalam aktivitas sehari-hari. Secara umum, demensia dibagi menjadi 2 gejala umum, yaitu gangguan kognisi dan gangguan non kognisi. Keluhan gangguan kognisi terdiri dari gangguan memori dalam penurunan kemampuan belajar hal yang baru hingga gangguan pada memori lama. Sedangkan keluhan gangguan non kognisi berupa agitasi, kurangnya kontrol emosi, halusinasi, dan delusi.

 

Penyebab Demensia pada Stroke

 

Stroke dapat memicu demensia. Misalnya saja demensia vaskuler yang disebabkan oleh serangan stroke ringan akibat adanya gangguan pada aliran darah ke otak. Demensia vaskuler mempengaruhi cara kerja otak dan membuat pasien stroke mengalami gejala awal berupa hilang ingatan. Gejala lainnya dari demensia vaskuler adalah lupa, linglung, bingung, perubahan suasana hati, kehilangan nafsu makan, dan kerap tidur lebih sering. Pada tahap lanjutan, demensia vaskuler dapat menyebabkan penderitanya kesulitan berbicara, kehilangan barang karena lupa, bahkan disorientasi tempat dan waktu.

 

Demensia yang disebabkan oleh stroke sangat memerlukan pemeriksaan dari dokter agar mendapat diagnosis yang akurat. Sebab demensia vaskuler berbeda dari demensia jenis lain. Pengobatan demensia vaskuler lebih difokuskan pada pencegahan penyakit stroke. Sementara pengobatan demensia jenis lain fokus pada obat-obatan yang mencegah kerusakan sel-sel otak yang berhubungan dengan penyakit alzheimer dan penyebab demensia lainnya.

 

Merawat Pasien Stroke dengan Demensia

 

Keluarga juga memiliki peran yang sangat penting dalam perawatan pasien demensia akibat stroke. Perlu persiapan khusus untuk mendukung pasien baik secara mental maupun fisik. Perawatan serta bantuan pada penderita demensia bukan berarti keluarga harus selalu membantu pasien dalam semua kegiatan yang dilakukan. Tetapi keluarga diharapkan aktif dalam membantu pasien agar dapat seoptimal mungkin melakukan aktivitas sehari-hari secara mandiri serta aman.

 

Kunci utama yang harus dipegang oleh keluarga yang merawat pasien demensia adalah kesabaran. Sebab, penderita demensia tidak mengetahui apa yang terjadi pada dirinya. Selain itu keluarga juga perlu memberikan nutrisi yang membantu meningkatkan kesehatan otak seperti Peptibren. Dengan kandungan kolin dan zinc, Peptibren dapat mencegah serta memperbaiki kerusakan pada sel saraf.

 

 

 

Peptibren bantu perbaiki kondisi demensia

 

 

 

Anda sebagai keluarga juga bisa membantu pencegahan demensia pada penderita stroke lho! Caranya dengan mencegah masuknya zat yang dapat merusak sel otak dan zat adiktif, mengajak membaca buku setiap hari, mengikuti kegiatan rohani, serta bersosialisasi.

 

Semoga setelah membaca artikel ini, Anda semakin terpacu untuk menjaga kesehatan agar tidak terkena stroke. Jangan lupa untuk memberikan Peptibren sebagai makanan diet khusus bagi penderita demensia! Dapatkan di sini.

 

Salam,

 

KALCare

 

 

 

 

 

Sumber:

RSI.co.id

Yankes.kemses.go.id

Gatra.com