Bayi Muntah Saat Minum Susu? Mungkin Ini Penyebabnya

Bayi Muntah Saat Minum Susu? Mungkin Ini Penyebabnya

Bayi sering muntah saat diberi ASI atau bahkan susu formula? Tidak perlu panik. Ini biasa terjadi pada bayi yang masih berusia beberapa minggu. Pada usia tersebut, cincin otot yang menghubungkan tenggorokan dengan lambung masih belum sempurna. Karena itulah, bayi kerap muntah saat diberi ASI. Kejadian ini biasanya akan berkurang seiring dengan bertambahnya usia sang bayi. Meski demikian, Anda bisa mengurangi risiko tersebut dengan memahami penyebabnya.

 

Bayi Kekenyangan

Sama seperti dengan orang dewasa, lambung yang penuh juga bisa membuat bayi memuntahkan ASI yang dimasukkan. Meski ada yang menganjurkan bahwa memberi ASI tidak harus menunggu bayi menangis terlebih dahulu, sebagai orang tua Anda tetap harus memperhatikan apakah perut bayi masih penuh atau tidak.

 

Posisi Menyusui yang Kurang Tepat

Posisi menentukan kenyamanan bayi saat minum ASI. Untuk itu, perhatikan posisi saat menyusui. Posisi terbaik untuk memberikan ASI adalah dalam posisi miring. Baringkan bayi di samping dan pastikan kepalanya lebih tinggi dibandingkan posisi tubuhnya.

 

Alergi

Muntahnya bayi saat minum ASI ataupun susu formula juga bisa disebabkan karena reaksi alergi. Lebih tepatnya, alergi terhadap protein susu. Akan tetapi kondisi ini cukup jarang terjadi. Apalagi jika Anda memberi si kecil ASI eksklusif. Kecil kemungkinan ia memiliki reaksi alergi seperti ini.

 

Bayi Terlalu Aktif

Terkadang bayi bisa sangat aktif bergerak dan rewel. Ia terus saja menggeliat bahkan menangis. Ini bisa meningkatkan tekanan di perut. Akibatnya, bayi pun memuntahkan ASI yang sudah dikonsumsinya. Agar semua itu tidak terjadi, jangan paksakan bayi untuk menyusu. Jika ia menunjukkan tanda-tanda penolakan, cari tahu apa yang membuatnya tidak mau minum ASI. Karena bisa saja reaksi tersebut muncul karena si kecil merasa kurang nyaman.

 

 

Memberi nutrisi terbaik kepada sang buah hati memang penting. Akan tetapi semua itu tidak akan banyak bermanfaat jika makanan yang dikonsumsi dimuntahkan kembali. Pemberian susu formula juga demikian. Berikan di usia yang tepat. Setelah si kecil berusia 1 tahun, barulah Anda bisa memberinya Susu Morinaga.

 

 

 

Salam,

KALBE Store