Penyebab Anak Sulit Gemuk


Penyebab Anak Sulit Gemuk

Penyebab Anak Sulit Gemuk

Kenapa si kecil terlalu kurus dan sulit gemuk? Hingga kini, mungkin sudah tak terhitung lagi berapa banyak orang tua yang mengeluhkan kondisi ini. Makan sudah teratur. Gizinya juga diperhatikan. Bahkan susu formula sudah diberikan. Namun tetap saja, berat badan sang buah hati masih saja di bawah rata-rata. Lantas muncul pertanyaan besar. Apa yang sebenarnya menyebabkan si kecil sulit gemuk?

 

Adanya Gangguan Saluran Cerna

Jika konsumsi makanan si kecil sudah diperhatikan dengan cermat dan dipastikan lengkap, ada kemungkinan masalah yang sebenarnya terletak pada penyerapan makanannya yang kurang optimal. Tentu saja, ini berkaitan dengan adanya gangguan cerna. Gangguan ini biasanya mulai muncul saat si kecil berusia 6 bulan, tepatnya saat ia menerima makanan pendamping ASI. Karena alergi atau intoleransi makanan yang dibiarkan begitu saja, saluran cerna akhirnya terganggu.

 

Tidak Mendapat ASI Secara Optimal

Bayi usia 0-6 bulan hanya boleh diberi ASI. Namun karena kondisi sang ibu yang kurang memungkinkan untuk memberi ASI eksklusif, tak sedikit dari mereka yang memberi susu formula atau tambahan makanan lainnya. Kesulitan pemberian ASI seperti ini bisa membuat si kecil sulit gemuk di masa depan.

 

Metabolisme Tubuh yang Terlalu Tinggi

Jika si kecil banyak makan namun sulit gemuk, ada kemungkinan ia memiliki metabolisme yang tinggi. Tubuhnya cenderung membakar kalori terlalu cepat. Untuk membantu mengatasi masalah ini, orang tua bisa menambahkan menu tinggi serat. Meski demikian, orang tua tetap harus memeriksakannya ke dokter.

 

Terlalu Banyak Makan Makanan Berserat

Makan makanan berserat memang baik untuk pencernaan. Akan tetapi jika terlalu berserat, anak justru sulit merasa lapar. Inilah yang kemudian membuatnya kurang nafsu makan, bahkan minum susu formula pun terkadang tidak mau.

 

 

Masalah sulit gemuk pada anak-anak tidak selalu disebabkan oleh nutrisi yang kurang terpenuhi atau masalah genetik. Gangguan kesehatan dan penyakit juga bisa membuat si kecil sulit gemuk. Pemeriksaan medis terkadang dibutuhkan. Dari sinilah Anda bisa mengetahui gangguan kesehatan apa yang menyebabkannya. Pemberian susu formula hendaknya juga dilakukan di usia yang tepat. Pilih yang sesuai dengan usianya. Perhatikan pula kandungan nutrisinya. Jika Anda mencari susu yang mampu menjawab kebutuhan si kecil, Susu Morinaga adalah salah satu pilihan terbaik yang bisa Anda temukan di pasaran.

 

 

 

Salam,

KALBE Store