Anda Pekerja Malam? Hati-Hati, Penyakit Berikut Ini Selalu Mengintai


Anda Pekerja Malam? Hati-Hati, Penyakit Berikut Ini Selalu Mengintai

Anda Pekerja Malam? Hati-Hati, Penyakit Berikut Ini Selalu Mengintai

Jika ada yang menjalani rutinitas kerja berangkat pagi pulang malam, ada juga yang hidup dengan rutinitas sebaliknya. Berangkat malam pulang pagi. Mungkin sepintas tidak ada yang salah dengan rutinitas seperti ini. Agar tidak mengantuk, mereka yang bekerja di shift malam kerap membekali diri dengan kopi atau apapun yang bisa membuat mereka tetap terjaga di malam hari. Waktu tidur juga berubah. Kondisi fisik memang bisa dijaga dengan mengonsumsi suplemen tambahan seperti Blackmores. Namun jika rutinitas seperti ini berlangsung untuk waktu yang lama, penyakit berikut ini bisa saja datang menyerang.

 

Diabetes

Pekerja malam atau mereka yang bekerja secara shift dipastikan mengalami perubahan jam biologis. Perubahan ini bisa memicu obesitas. Bahkan penelitian menunjukkan bahwa mereka yang memiliki jadwal tidur berubah-ubah cenderung memiliki risiko 42% lebih besar terserang diabetes. Penyebabnya jelas, karena kinerja insulin yang terganggu.

 

Penyakit Jantung

Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam British Medical Journal, perubahan jam biologis bisa meningkatkan risiko terserang penyakit jantung. Risiko ini meningkat sebesar 7% dibandingkan mereka yang bekerja dengan rutinitas normal, yakni bekerja dari pagi hingga malam hari.

 

Kanker

Risiko bekerja di shift malam dalam jangka waktu yang panjang memang tidak main-main. Ancaman terserang kanker juga semakin tinggi. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Cancer, wanita yang bekerja di shift malam berisiko 30% lebih tinggi terserang kanker. Ketidakseimbangan hormon dalam tubuh menjadi penyebabnya. Misalnya saja hormon melatonin yang juga berperan dalam memerangi kanker. Padahal hormon tersebut hanya diproduksi pada saat tidur di malam hari.

 

 

Masalah lain akibat bekerja di shift malam yang juga tidak boleh diabaikan adalah depresi dan gangguan otak. Gejala penuaan cenderung muncul lebih cepat. Performa otak juga menurun. Masalah seperti ini memang baru mulai terlihat jika sudah bekerja di shift malam selama setidaknya satu dekade. Meski demikian, sangat disarankan untuk meminimalisir dampaknya melalui gaya hidup sehat dan minum suplemen Blackmores. Dengan mengonsumsi suplemen Blackmores, gizi yang kurang akan lebih cepat terpenuhi.

 

 

 

Salam,

KALBE Store