Waspada, Penyakit Ini Bisa Menular Saat Ibu Menyusui

Waspada, Penyakit Ini Bisa Menular Saat Ibu Menyusui

Kesuksesan program ASI eksklusif sangat bergantung pada gaya hidup yang diterapkan oleh sang ibu di masa kehamilannya. Selama kesehatan ibu terjaga, tidak akan ada banyak kendala saat memasuki masa menyusui nanti. Tapi ibu menyusui juga harus tetap waspada. Ada kalanya ASI eksklusif ini harus digantikan dengan susu formula. Itu karena ada beberapa penyakit yang bisa menular melalui ASI. Mirisnya lagi, sebagian besar penyakit tersebut tergolong penyakit berbahaya. Berikut beberapa penyakit tersebut.

 

Hepatitis B

Ibu yang menderita hepatitis B sangat tidak disarankan untuk memberi ASI kepada buah hatinya. Itu karena penyakit ini bisa menular lewat ASI. Penularan ini memang bisa dicegah melalui vaksinasi yang diberikan maksimal 12 jam setelah bayi dilahirkan. Akan tetapi, memberikan ASI kepada bayi tetap akan berisiko. Dalam kondisi seperti ini, ada baiknya untuk mempertimbangkan alternatif susu lain, seperti memberikan susu formula.

 

HIV

Virus HIV juga bisa menular lewat ASI. Risiko penularannya mungkin tidak mencapai 100%. Akan tetapi angkanya cukup tinggi, yakni sampai 45%. Jika ibu positif mengidap HIV, sebaiknya jangan menyusui. Akan lebih baik jika mencari pendonor ASI. Jika tidak bisa, konsultasikan dengan dokter untuk menemukan susu formula yang cocok untuk sang buah hati.

 

Herpes

Penyakit berbahaya lain yang juga bisa ditularkan lewat ASI adalah herpes. Infeksi virus herpes simplex ini sebenarnya hanya bisa terjadi jika bagian payudara sang ibu mengalami gejala sariawan herpes. Namun untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, akan lebih baik untuk tidak menyusui terlebih dahulu. Setidaknya jangan menyusui sampai dokter memastikan bahwa hal yang sebaliknya. Karena jika bayi terinfeksi virus herpes simplex, ia akan menunjukkan gejala yang cukup mengkhawatirkan bahkan berujung kematian.

 

 

Mengingat vitalnya kondisi kesehatan ibu selama masa menyusui, Anda harus menjaga kondisi kesehatan dengan baik. Lakukan pemeriksaan sebelum mulai menyusui. Pastikan Anda tidak menderita penyakit di atas atau penyakit menular lainnya. Jika terpaksa harus beralih ke susu formula, pilihlah susu yang sesuai dengan usianya. Berkonsultasilah dengan dokter untuk itu. Untuk urusan susu berkualitas, Susu Morinaga juga bisa dijadikan pilihan.

 

 

 

Salam,

KALBE Store