Pentingnya Kualitas Tidur Supaya Tubuh Tetap Fit

Pentingnya Kualitas Tidur Supaya Tubuh Tetap Fit

Menjaga kekebalan atau daya tahan tubuh sangatlah penting, apalagi saat ini masih dalam suasana pandemi. Ditambah telah tibanya musim hujan yang membuat seseorang bisa menjadi lebih rentan terkena penyakit berbahaya. 

Alasannya, daya tahan tubuh atau sistem imun yang baik dapat melindungi kita sejak pertama kali kuman penyebab penyakit masuk ke dalam tubuh. Oleh karena itu, memiliki daya tahan tubuh yang kuat sangat penting untuk mencegah kita jatuh sakit.

 

Baca juga: Ramadhan Tiba, Lakukan Ini untuk Jaga Daya Tahan Tubuh

 

Untuk menjaga kekebalan agar tubuh tetap fit, tidak hanya dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi atau tingkat stres saja. Hal lain yang berpengaruh pada kekebalan tubuh adalah kualitas tidur.

Pentingnya Tidur Berkualitas

 

Pentingnya Tidur Berkualitas

 

Menurut Mayoclinic, kurang tidur bisa memengaruhi sistem kekebalan tubuh Anda. Studi menunjukkan orang yang tidak mendapatkan kualitas tidur atau tidur yang cukup cenderung mudah sakit dan lebih lama sembuh.

Selama tidur, sistem kekebalan tubuh akan melepaskan protein yang disebut sitokin, beberapa di antaranya bisa membantu mendorong tidur. Sitokin tertentu perlu ditingkatkan ketika Anda mengalami infeksi atau peradangan, atau ketika Anda sedang stres.

Kurang tidur bisa menyebabkan produksi sitokin pelindung menurun. Selain itu, antibodi dan sel yang melawan infeksi berkurang selama periode saat Anda tidak cukup tidur.

Jadi, tubuh Anda membutuhkan tidur untuk melawan penyakit menular. Kurang tidur dalam jangka panjang juga berisiko meningkatkan obesitas, diabetes, penyakit jantung, dan pembuluh darah atau kardiovaskular.

 

Durasi Tidur yang Baik

 

Durasi Tidur yang Baik

 

Orang dewasa disarankan tidur nyenyak selama 7-8 jam, remaja membutuhkan 9-10 jam tidur nyenyak, sedangkan anak-anak usia sekolah mungkin membutuhkan minimal 10 jam tidur atau lebih.

Namun tidur lebih lama tidak selalu lebih baik. Bagi orang dewasa, tidur lebih dari 9-10 jam semalam bisa menyebabkan kualitas tidur yang buruk, salah satunya adalah sulit tidur atau insomnia.

 

Faktor yang Memengaruhi Kualitas Tidur

 

Faktor yang Memengaruhi Kualitas Tidur

 

Melansir dari Detik Health, faktor yang memengaruhi kualitas tidur manusia adalah hormon melatonin atau yang biasa disebut dengan ‘hormon tidur’. Hormon melatonin diproduksi oleh tubuh secara alami.

Hormon melatonin bekerja sama dengan ritme sirkadian tubuh yang membantu Anda kapan saatnya tidur, bangun, dan makan. Melatonin juga membantu mengatur suhu tubuh, tekanan darah, dan kadar beberapa hormon.

Saat malam hari, kadar melatonin dalam tubuh mulai meningkat dan menandakan tubuh Anda sudah waktunya tidur. Sebaliknya, ketika siang hari, cahaya akan menekan produksi melatonin dan ini adalah cara tubuh Anda mengetahui sudah waktunya bangun.

Vitamin B12 disebut menjadi salah satu vitamin yang memberikan pengaruh langsung pada melatonin yang berpengaruh pada kualitas tidur. Anda bisa mendapatkan asupan vitamin B12 yang cukup dengan mengonsumsi Forneuro.

 

Forneuro-vitamin B1, B6, B12-5 Strip @6 kapsul

 

Forneuro merupakan multivitamin 3 in 1 paduan sinergis vitamin B1, B6, B12, dengan Vitamin E dan asam folat yang juga bermanfaat untuk memperbaiki sel dan jaringan lunak tubuh, memelihara sel saraf, dan mencegah timbulnya penyakit-penyakit degeneratif.

 

Baca juga: Sulit Tidur? Vitamin Ini Bisa Jadi Solusi

 

Tips membuat tidur lebih berkualitas

 

Selain mengonsumsi multivitamin, jangan lupa untuk menjaga daya tahan tubuh dan tidur berkualitas dengan cara berikut:

 

1. Buat kondisi kamar senyaman mungkin

 

Buat kondisi kamar senyaman mungkin

 

Agar dapat meningkatkan kualitas tidur, sebaiknya Anda meredupkan kamar dan menyetel musik klasik yang memiliki nada lembut. Selain itu, hindari pula bermain ponsel dan menonton tv di waktu tidur. Dengan menonton tv atau film terutama di malam hari, akan mengakibatkan tidur menjadi tidak teratur dan saat bangun di pagi hari tubuh Anda menjadi kurang fit.

 

2. Olahraga di waktu yang tepat

 

Olahraga di waktu yang tepat

 

Setiap harinya, lakukan olahraga secara rutin di waktu yang tepat, misalkan saja pagi hari sebelum beraktivitas, dan malam hari sebelum tidur. Dengan berolahraga, tubuh Anda menjadi lebih berstamina dan dapat membantu untuk lebih mudah beristirahat. 

Di malam hari, sebaiknya olahraga yang dilakukan adalah olahraga santai seperti peregangan badan seperti yoga. Bermeditasi juga sangat disarankan supaya dapat meningkatkan kualitas tidur.

 

3. Rileks sebelum waktu tidur

 

Rileks sebelum waktu tidur

 

Kondisi pikiran yang stres membuat Anda sulit untuk mendapatkan tidur yang nyenyak. Maka dari itu supaya dapat meningkatkan kualitas tidur, sebaiknya Anda melakukan ritual pra-tidur setidaknya selama 10 menit setiap harinya supaya dapat merelaksasi tubuh saat tidur.

Anda bisa melakukan ritual tidur berupa meditasi, terapi aroma, mendengarkan musik ringan, mandi air hangat, hingga meredupkan cahaya kamar. Dengan melakukan hal-hal tersebut, kualitas tidur pun menjadi lebih baik.

 

Itu dia alasan mengapa penting sekali menjaga kualitas tidur agar tubuh tetap supaya fit dan tips menjaga kualitas tidur. Jangan lewatkan berbagai informasi dan promo menarik khusus produk multivitamin Forneuro melalui WhatsApp KALCare atau Telegram KALCare. Nikmati juga berbagai keuntungan berbelanja di KALCare seperti promo menarik, point reward, serta informasi kesehatan terkini melalui artikel atau kulwap bersama pakar yang bisa Anda ikuti di Instagram maupun Facebook KALCare.

 

Salam,

 

 

KALCare