Pengaturan Jadwal Makan Bantu Diabetisi Kontrol Gula Darah


Pengaturan Jadwal Makan Bantu Diabetisi Kontrol Gula Darah

Pengaturan Jadwal Makan Bantu Diabetisi Kontrol Gula Darah

Penting bagi penderita diabetes untuk melakukan kontrol gula darah, karena jika tidak, akan berefek pada komplikasi penyakit yang lebih serius. Asupan makanan yang sehat, pengaturan jadwal dan pengaturan porsi makan amat penting, agar kesehatan bisa senantiasa terjaga. Namun, Anda tidak perlu tertekan untuk memikirkannya. Prinsipnya adalah, makanlah berbagai makan bergizi dalam jumlah yang tidak berlebihan, dan konsisten dengan waktu makan yang teratur.

 

Rencana makan sehat sebaiknya diisi dengan makanan yang mengandung nutrisi tinggi, namun rendah lemak dan kalori. Ini berarti, makan lebih banyak sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian. Tentunya, pola makan ini juga baik untuk penurunan berat badan, serta pengaturan glukosa bagi penderita diabetes tipe 2. Lalu, bagaimana melakukannya?

 

Penelitian mencatat dua strategi yang berhasil membantu seseorang menjadi disiplin untuk mengontrol makanan, yaitu makan secara teratur, dan mencatat apa yang dimakan. Ketika Anda makan teratur, tubuh lebih mampu mengatur berat badan dan kadar gula darah. Inilah mengapa, baik untuk mengukur porsi makan di setiap waktunya. Harus diingat pula bahwa, sarapan harus dilakukan, agar Anda memiliki energi, dan kadar gula darah tetap stabil. Anda bisa memulai hari dengan buah, sereal atau oatmeal. Kemudian, makanlah dalam porsi kecil namun sering, yaitu 3 kali waktu makan “besar” dan 2 kali waktu snack. Selain itu, jaga asupan kalori, ya. Jangan lupa untuk mencatat apa yang Anda makan untuk mengontrol porsi dan asupan makanan Anda sehari-hari.

 

Konsumsilah karbohidrat sehat atau karbohidrat yang dicerna lambat, seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, dan produk susu rendah lemak. Tambahkan dengan makanan berserat yang dapat mengendalikan kadar gula darah. Sementara itu, hati-hati mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak, khususnya lemak jenuh dan lemak trans, seperti daging berlemak, produk susu hewani, dan gorengan. Anda sebaiknya mengkonsumsi lemak tak jenuh yang berasal dari kacang-kacangan, alpukat, dan minyak zaitun, serta canola. Untuk mengganti daging, bisa juga dengan menggunakan ikan salmon atau tuna yang kaya akan omega-3.

 

Hindari makanan berpemanis tinggi atau berpemanis buatan. Jika Anda tidak tahan untuk tidak makan atau minum manis, ganti gula Anda dengan gula rendah kalori, atau yang khusus dibuat bagi penderita diabetes.

 

Melakukan kontrol gula darah lewat makanan ternyata tidak terlalu sulit, bukan? Kuncinya adalah, jangan berlebihan, dan makan teratur. Jangan lupa pula untuk berkonsultasi dengan dokter yang akan membantu mengatur asupan makanan Anda.

 

 

 

Salam,

KALBE Store