Pengantin Baru : Kenali Endometriosis

Pengantin Baru : Kenali Endometriosis

Pernikahan merupakan salah satu cara untuk menyatukan dua orang yang saling mencintai. Tidak hanya itu, membangun keluarga juga bertujuan untuk meneruskan keturunan dengan memiliki anak. Namun ternyata, tidak semua keluarga baru langsung bisa mendapat anugerah untuk mendapatkan momongan.

 

Endometriosis : penyakit yang menyebabkan susah hamil

 

Ada banyak hal yang menyebabkan pasangan baru tidak mudah mendapat keturunan. Salah satunya adalah endometriosis. Endometriosis merupakan penyakit umum di mana jaringan lapisan dalam rahim atau endometrium ditemukan pada bagian tubuh lain atau tempat yang tidak semestinya. Endometrium dapat ditemukan pada ovarium, tuba falopi, dinding luar rahim, dalam perut, sekitar usus, atau pada kandung kemih.

 

Meskipun endometrium tumbuh di luar rahim, jaringannya masih tetap melakukan siklus normal seperti halnya saat tumbuh di dalam rahim. Jaringan endometrium akan menebal dan luruh menjadi darah pada periode menstruasi berlangsung. Tetapi karena berada di luar rahim, jaringan ini akan terjebak dan darah yang luruh tidak bisa dikeluarkan oleh tubuh. Endometrium ini juga akan menyebabkan penderita merasakan sakit yang berlebihan pada saat menstruasi.

 

Untuk jangka panjang, endometriosis dapat mempengaruhi kesuburan sehingga perempuan akan sulit mengandung. Selain itu, endometriosis juga menyebabkan terjadinya kista pada ovarium yang biasa disebut sebagai kista endometrioma. Bila kista endometrioma terjadi pada perempuan, jaringan di sekitarnya bisa ikut cedera dan membentuk jaringan parut sehingga organ menjadi lengket dan menempel.

 

Penyebab endometriosis

 

Sebenarnya hingga kini belum ada informasi resmi mengenai penyebab endometriosis. Tetapi ada beberapa teori yang mengungkapkan faktor-faktor yang berkontribusi terhadap endometriosis, yaitu:

  1. Genetik.
  2. Menstruasi retrograde atau darah menstruasi yang tidak keluar dari tubuh namun mengalir ke atas melalui tuba falopi dan malah masuk ke organ panggul.
  3. Masalah pada sistem kekebalan tubuh secara alami sehingga melawan infeksi dan penyakit.
  4. Sel endometrium yang menyebar melalui aliran darah atau sistem linfatik.

 

Gejala endometriosis

 

Penyakit ini biasanya terjadi pada anak perempuan yang sudah mengalami menstruasi dan perempuan usia subur. Sehingga sangat kecil kemungkinannya terjadi pada perempuan yang sudah dalam periode menopause. Beberapa gejala endometriosis di antaranya:

  1. Nyeri haid yang tidak membaik bahkan dengan obat anti-nyeri.
  2. Darah menstruasi yang banyak hingga perlu sering mengganti pembalut.
  3. Nyeri panggul yang dirasakan pada saat menstruasi atau terus-menerus.
  4. Nyeri ketika dan setelah berhubungan seksual.
  5. Nyeri atau merasa tidak nyaman ketika ke toilet.
  6. Adanya darah pada feses.
  7. Merasa lelah setiap saat.

 

Pengobatan endometriosis

 

Untuk pengobatan endometriosis sendiri sebenarnya belum ada. Yang ada hanya pengobatan untuk mengurangi gejala. Memang beberapa pasien bisa melakukan bedah untuk mengangkat jaringan endometriosis. Namun bukan berarti jaringan tersebut dapat muncul kembali dan menempel pada organ tubuh lain.

 

Pencegahan

 

Agar tidak mengalami endometriosis, perempuan sangat dianjurkan untuk rutin melakukan olahraga. Apalagi bagi pengantin baru, penting juga untuk menghindari kebiasaan buruk seperti mengonsumsi alkohol. Tambah dengan mengonsumsi Prenagen Esensis agar program kehamilan Anda dapat berjalan dengan lancar. Prenagen Esensis mengandung asam folat, inulin, dan fosfor yang baik untuk persiapan kehamilan. Dapatkan segera Prenagen Esensis di sini.

 

 

 

persiapkan kehamilan dengan nutrisi sehat dari Prenagen Esensis

 

 

 

Silahkan membeli nutrisi ibu hamil, suplemen & susu hamil online mudah di KALBE Store. Karena KALBE Store menjual susu & nutrisi ibu hamil dan menyusui online terbaik. Sehingga Anda tidak perlu repot belanja ke luar rumah.

 

Salam,

 

KALBE Store

 

Sumber:

https://www.klikdokter.com/penyakit/endometriosis

Endometriosis, Penyakit yang Membuat Wanita Sulit Punya Anak