Penderita Diabetes Tetap Bisa Berpuasa, Terapkan Tips Berikut Agar Puasa Lancar

Penderita Diabetes Tetap Bisa Berpuasa, Terapkan Tips Berikut Agar Puasa Lancar

Penderita diabetes sering kali merasa kesulitan saat harus berpuasa. Di satu sisi mereka diwajibkan dan ingin melakukannya, di sisi lain kondisi kesehatan seakan tak mengizinkan mereka. Tapi apakah harus selalu demikian? Diabetes sebenarnya bukan penghalang siapa pun untuk melaksanakan ibadah puasa. Hanya saja memang ada hal-hal yang harus diperhatikan. Inilah tips lancar berpuasa untuk Anda penderita diabetes.

 

Jangan Lewatkan Sahur

Sahur adalah satu-satunya waktu untuk mempersiapkan diri sebelum menjalankan puasa. Di saat inilah asupan makanan untuk menjalani hari diperoleh. Melewatkan sahur bukan hanya akan membuat tubuh terasa lemas. Bagi penderita diabetes, ini juga bisa meningkatkan gula darah. Tentu saja, pilihlah makanan bergizi seimbang saat sahur. Resepnya adalah pilih menu dengan karbohidrat kompleks, serat dan protein. Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, Anda juga bisa menambahkan susu Diabetasol.

 

Kendalikan Diri Waktu Berbuka

Meski ada keinginan kuat untuk makan banyak saat berbuka, tahan keinginan tersebut. Makan berlebih terbukti tidak baik untuk kesehatan. Bagi penderita diabetes, hal ini justru bisa memicu melonjaknya gula darah. Anda bisa mengatasinya dengan menjaga porsi makan. Sebaiknya konsumsi makanan yang tak begitu berat.

 

Pantau Gula Darah secara Rutin

Penderita diabetes yang sedang menjalankan puasa harus memantau gula darahnya secara rutin. Hal ini perlu dilakukan untuk memastikan bahwa gula darah tetap berada di angka yang stabil. Ada kalanya Anda juga perlu mengonsumsi susu diabetes seperti susu Diabetasol untuk membantu menjaga kestabilan gula darah.

 

Jangan Mengonsumsi Kafein dan Hindari Minuman Manis

Minuman manis dapat meningkatkan kadar gula darah. Tapi bukan berarti penderita diabetes tidak bisa berbuka dengan yang manis sama sekali. Mereka masih bisa melakukannya. Hanya saja, butuh pemanis khusus untuk itu. Konsumsi kafein seperti kopi dan teh sebaiknya juga dihindari agar tidak memicu rasa haus saat berpuasa nantinya.

 

Satu hal lagi yang juga sangat penting bagi para penderita diabetes yang ingin berpuasa adalah pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Jangan memutuskan berpuasa tanpa melakukannya. Selain itu, jaga asupan nutrisi selama berpuasa dengan susu Diabetasol.

 

 

 

Salam,

KALBE Store