Pemanis Alami Bantu Penderita Diabetes Jaga Kadar Gula Darah

Pemanis Alami Bantu Penderita Diabetes Jaga Kadar Gula Darah

Dokter yang meneliti di bidang tanaman herbal, dr. Prapti Utami, M.Si menemukan pemanis alami untuk menjaga kadar gula darah bagi penderita diabetes yang diperoleh dari daun stevia.

 

Kadar gula darah yang seimbang dapat dijaga dengan mengatur pola makan dan pola hidup melalui diet rendah kalori. Diet rendah kalori sendiri dilakukan dengan mengatur kebutuhan kalori per hari. Salah satunya dengan memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi, salah satunya dari asupan gula yang dikonsumsi sehari-hari.

 

Daun stevia merupakan solusi tepat bagi penderita diabetes untuk menjaga kadar gula darah. Pemanis pengganti gula ini diperoleh dari ekstrak tanaman Stevia rebaudiana.

 

Di tempat asalnya, Brasil, daun stevia sudah dipakai selama ratusan tahun sebagai pemanis obat-obatan dan teh. Daun stevia terasa manis dikarenakan kandungan steviol glycosides yang ada di dalamnya.

 

Senyawa ini membuat stevia terasa 250 – 300 kali lebih manis dari sukrosa atau gula yang biasa Anda konsumsi. Walau jauh lebih manis jika dibandingkan dengan gula biasa, daun stevia cenderung tidak memiliki banyak kalori.

 

Jika pun ada, biasanya berasal dari bahan lain yang dicampur di dalamnya. Bahan ini biasanya dicampurkan dengan obat untuk mengurangi rasa pahit setelah diminum dan meningkatkan rasa stevia.

 

Senyawa steviol glycosides akan dipecah menjadi steviol untuk kemudian diserap oleh tubuh dan dibuang dengan cepat melalui feses dan urine. Jadi kandungan daun stevia tidak akan tersimpan dalam tubuh bila Anda konsumsi.

 

Selain itu, zat pada daun stevia juga mengandung berbagai nutrisi penting seperti vitamin A, B, dan C, kalsium, zat besi, zinc, natrium, kalium, protein, dan unsur – unsur lainnya.

 

Faktor inilah yang membuat daun stevia cocok untuk Anda yang sedang mengontrol berat badan atau mengendalikan penyakit diabetes.

 

Berikut beberapa manfaat daun stevia:

1. Satu penelitian menjelaskan bahwa selain tidak mengandung karbohidrat dan kalori, daun stevia juga tidak akan memengaruhi kadar gula darah atau respons insulin dalam tubuh.

 

2. Dengan mengonsumsi stevia, penderita diabetes pun tidak terkekang dengan makanan manis.

 

3. Studi lain menjelaskan bahwa kadar stevia sangat sedikit, bahkan tidak memberikan efek apa pun terhadap kadar insulin, kadar gula darah, hipertensi, dan berat badan.

 

Kadar gula dalam darah setelah mengonsumsi stefia pada penderita diabetes pun dilaporkan berkurang.

 

Itulah penjelaskan dari manfaat daun stevia untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil bagi penderita diabetes.

 

 

 

Salam,

KALBE Store