Patah Tulang, Begini Cara Menyembuhkannya

Patah Tulang, Begini Cara Menyembuhkannya

Patah tulang bisa menimpa siapa saja. Bahkan penyebab patah tulang pun bervariasi, bisa karena kecelakaan, jatuh, hingga pengeroposan tulang. Patah tulang tentu akan mengganggu aktivitas, sebab Anda tidak dapat bergerak dengan bebas dengan durasi penyembuhan yang cukup lama.

 

Proses penyembuhan patah tulang

 

Untuk penyembuhan patah tulang, ada dua faktor yang memengaruhi, yaitu pengobatan dan respon yang diberikan oleh tubuh. Sehingga meskipun jenis patah tulang dan pengobatan yang diberikan sama, tidak semua orang memiliki proses serta hasil yang sama. Pada awal pengobatan, akan dilakukan reposisi atau posisi tulang yang perlu disesuaikan pada kedudukannya agar kembali pada satu garis lurus. Reposisi penting dilakukan untuk mengembalikan tulang. Proses reposisi dapat dilakukan dalam berbagai cara sesuai bentuk patahan, contohnya fiksasi eksternal atau pemasangan pin dalam tulang.

 

 

 

sembuhkan patah tulang dengan penanganan yang tepat

 

 

 

Setelah proses reposisi, tulang yang patah memerlukan stabilisasi agar selama proses penyembuhan, tulang tetap pada garis lurusnya. Di sini, individu yang mengalami patah tulang memiliki peranan besar dalam proses penyembuhan agar lebih optimal. Untuk itu, berikut ini merupakan cara yang dapat diterapkan untuk menyembuhkan patah tulang.

 

1. Membatasi pergerakan di area tulang yang patah

 

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, stabilisasi sangat penting dalam proses penyembuhan patah tulang. Sebab stabilisasi akan menunjang tulang dalam memproduksi sel-sel sehingga kelurusan tulang tetap terjaga. Maka dari itu, pasien patah tulang perlu membatasi pergerakan agar stabilisasi tetap terjaga.

 

2. Tingkatkan asupan makanan yang bergizi

 

Agar tulang patah cepat sembuh, pasien disarankan untuk mengonsumsi makanan yang memiliki nutrisi baik bagi tulang. Untuk itu, Anda perlu mengonsumsi makanan yang mengandung protein, kalsium, zinc, antioksidan, vitamin D, vitamin C, dan kalium.

 

Seperti yang Anda tahu, protein bermanfaat untuk membangun tulang baru serta dapat memperbaiki tulang yang rusak. Anda bisa mendapatkan protein dengan mengonsumsi daging, ikan, dan susu. Kalsium akan membantu dalam membangun tulang yang kuat, sehingga proses penyembuhan akan menjadi lebih cepat. Maka Anda dapat mengonsumsi susu sapi, brokoli, dan lobak.

 

Vitamin D dapat membantu menyembuhkan fraktur tulang serta membantu darah untuk membangun mineral dalam tulang. Sedangkan vitamin C akan membantu tubuh dalam memproduksi kolagen yang penting dalam proses pembentukan tulang baru. Anda bisa mendapatkan vitamin D dan C melalui kuning telur, ikan salmon, yoghurt, jeruk, kiwi, dan tomat. Konsumsi juga daging merah dan pisang untuk mendapatkan zinc dan kalium.

 

3. Mengonsumsi vitamin Blackmores Calcimag Multi

 

 

 

patah tulang lebih cepat dengan Blackmores Calcimag Multi

 

 

 

Agar tulang yang patah dapat cepat sembuh, tidak ada salahnya jika Anda mengonsumsi Blackmores Calcimag Multi. Suplemen ini memiliki kombinasi 3 jenis kalsium, yaitu Sitrat, Fosfat, dan Asam Amino Chelate. Ditambah dengan kandungan vitamin dan mineral yang membantu proses penyerapan kalsium serta menjaga kesehatan otot.

 

4. Hindari makanan dan minuman yang memengaruhi proses penyembuhan tulang

 

Hampir sama dengan penyakit, patah tulang juga memiliki pantangan dalam mengonsumsi makanan dan minuman tertentu. Untuk itu pasien patah tulang perlu menghindari konsumsi alkohol karena memperlambat proses pembentukan tulang baru. Sedangkan makanan tinggi garam akan menghilangkan kalsium dan membuangnya melalui urine. Hindari juga mengonsumsi kopi, teh, dan soda karena menghambat proses penyembuhan tulang.

 

Itulah cara-cara yang perlu Anda terapkan jika ingin cepat menyembuhkan tulang yang patah. Yuk, langsung saja dibeli Blackmores Calcimag Multi dan nikmati promo susu tinggi kalsium, suplemen tulang & sendi online. Anda bisa klik di sini karena KALBE Store menjual suplemen makanan dan vitamin dewasa terbaik online.

 

Salam,

 

KALBE Store

 

 

 

 

 

Sumber:

Klikdokter.com (1), (2)