Pasca Melahirkan, Lakukan Hal-Hal Berikut Agar Tubuh Kembali Prima


Pasca Melahirkan, Lakukan Hal-Hal Berikut Agar Tubuh Kembali Prima

Pasca Melahirkan, Lakukan Hal-Hal Berikut Agar Tubuh Kembali Prima

Setelah 9 bulan masa kehamilan dan mengonsumsi susu ibu hamil, masa-masa melahirkan pun tiba. Rasa bahagia dan khawatir pun bercampur. Namun saat sang buah hati terlahir ke dunia, ada rasa senang yang sulit dilukiskan dengan kata-kata. Masa-masa ini memang masa yang sangat membahagiakan. Meski demikian, tubuh sang ibu umumnya masih sangat lemah. Dibutuhkan penanganan khusus agar tubuh kembali prima. Namun dengan tips berikut ini, Anda pun bisa kembali prima pasca melahirkan.

 

Diet Sehat

Diet tidak selalu identik dengan menurunkan berat badan. Pada dasarnya, diet sendiri merupakan pola makan yang diterapkan guna mencapai tujuan tertentu. Hanya saja karena diet kali ini dilakukan untuk mengembalikan kesehatan ibu pasca melahirkan, nutrisinya juga harus dibutuhkan. Beberapa nutrisi penting yang dibutuhkan pasca melahirkan diantaranya adalah kalsium, zat besi, protein dan serat. Biasanya nutrisi tersebut memang sudah dipersiapkan saat ibu mengonsumsi susu ibu hamil. Jadi kali ini ibu hanya perlu melanjutkan dan menambahnya sesuai dengan kebutuhan.

 

Pijat Kerampang

Kerampang merupakan selaput yang terletak di antara Mrs. V dan anus. Saat melahirkan, selaput ini akan melebar untuk memudahkan bayi keluar dari rahim ibunya. Akan tetapi, terkadang selaput ini juga bisa sobek. Pasca melahirkan, tak hanya konsumsi makanan saja yang perlu diperhatikan. Ibu juga perlu memberi perawatan pada bagian ini baik dengan kompres dingin, latihan kegel atau dengan pijat kerampang.

 

Nikmati Me Time

Setelah melahirkan, ibu biasanya akan merasa kelelahan dan kurang tidur. Rasa lelah seperti ini bisa bertahan hingga beberapa hari. Pada saat ini juga, hormon dan emosi ibu cenderung berubah-ubah. Dibutuhkan istirahat yang cukup untuk menstabilkan kembali hormon dan emosi tersebut. Untuk itu, memberi waktu pada diri sendiri untuk beristirahat juga diperlukan.

 

Melahirkan sendiri sebenarnya bisa dipersiapkan jauh-jauh hari baik dengan menerapkan gaya hidup sehat selama masa kehamilan ataupun dengan mengonsumsi susu ibu hamil. Jika persiapan tersebut dilakukan dengan baik, proses melahirkan relatif lebih lancar. Pemulihan pasca melahirkan juga relatif lebih mudah. Karena itu, penting juga bagi para ibu hamil untuk mengonsumsi susu hamil seperti susu Prenagen saat masa kehamilan.

 

 

 

Salam,

KALBE Store