Pantau Pola Makan Anak, Cegah Obesitas


Pantau Pola Makan Anak, Cegah Obesitas

Pantau Pola Makan Anak, Cegah Obesitas

Mengatur pola makan anak penting bagi pertumbuhan dan kesehatannya. Ini karena, anak-anak seringkali makan berdasarkan apa yang mereka sukai saja, dan bukannya berdasakan apa yang tubuh mereka butuhkan. Oleh karenanya, diperlukan peran orang tua untuk memantau apa saja yang masuk ke dalam mulut si kecil. Ketika pola makan anak teratur, selain dapat memenuhi kecukupan gizinya, juga dapat mencegah anak dari berbagai masalah kesehatan, termasuk obesitas.

 

Obesitas dapat terjadi ketika anak tidak cukup makan makanan sehat dan bergizi, mengkonsumsi terlalu banyak gula dan garam, serta jarang beraktivitas. Melihat pada pola seperti itu, orangtua bisa membantu si kecil mencegah terjadinya obesitas dengan cara:

 

Selalu sediakan hanya bahan-bahan makanan yang sehat, bernutrisi dan bergizi di rumah. Jangan berbelanja bahan pangan yang Anda tidak ingin si kecil konsumsi, atau yang tidak baik bagi kesehatannya.

 

Jangan pernah melewatkan sarapan, karena berdasarkan penelitian, anak-anak yang tidak sarapan akan lebih mudah mengalami obesitas, sebab mereka jadi merasa harus makan lagi dan lagi.

 

Jangan makan di depan televisi, karena selain banyak iklan komersial yang mendorong anak-anak membeli junk food, aktivitas menonton pun membuat anak ingin mengemil. Ini tentu dapat mengantarkannya pada kondisi kelebihan berat badan.

 

Kontrol atau batasi porsi makan anak, dan jangan sediakan makanan dengan penyajian yang besar. Minta agar anak makan secara lebih perlahan. Kurangi juga konsumsi garam dan gula. Jangan lupa, ketika membeli bahan makanan, baca terlebih dahulu tabel gizinya.
Sediakan selalu air mineral, dan biasakan anak mengkonsumsinya.

 

Penting bagi orangtua untuk mengajak seluruh anggota keluarga agar makan bersama. Selain mengakrabkan anggota keluarga satu sama lain, juga agar anak belajar contoh langsung dari orangtuanya, terkait konsumsi makanan sehat. Tentu saja, ini berarti Anda pun harus mengisi piring makan Anda dengan makanan-makanan yang sehat, agar si kecil bisa mencontohnya, ya.
Libatkan si kecil dalam menyusun menu, dan berbelanja bahan makanan. Selain dapat mengajari soal kecerdasan sosial, juga dapat mendorong si kecil mempelajari makanan apa yang baik dikonsumsinya, dan apa yang tidak.

 

Rencanakan jadwal dan menu snack atau cemilan bagi anak. Baiknya adalah, 2-3 kali dalam sehari. Potongan buah dan sayur adalah cemilan wajib, demi mencegah obesitas.

 

Bayang-bayang obesitas yang mengancam keluarga tidak seharusnya membuat orangtua menjadi panik. Jangan larang anak mengkonsumsi makanan manis. Namun, batasi jumlahnya. Dan, yang penting, jangan lupa berolahraga. Jika pola makan anak diatur dengan teratur, tidak mustahil kok menjauhkannya dari risiko kegemukan dan obesitas. Yang terpenting, Anda harus konsisten, dan memberikan contoh dalam kehidupannya sehari-hari, ya.

 

Salam,

KALBE e-Store