Pangkas Kebiasaan Bergadang! Kualitas Tidur Pengaruhi Kualitas Kesehatan Tubuh Anda


Pangkas Kebiasaan Bergadang! Kualitas Tidur Pengaruhi Kualitas Kesehatan Tubuh Anda

Pangkas Kebiasaan Bergadang! Kualitas Tidur Pengaruhi Kualitas Kesehatan Tubuh Anda

Tidur memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan tubuh, dan kelangsungan hidup Anda secara menyeluruh. Tidur yang cukup, dengan kualitas yang baik, mampu menjaga kesehatan mental, fisik, kualitas hidup dan keamanan diri Anda. Bagi remaja dan anak-anak, tidur pun memiliki peranan penting dalam proses pertumbuhan dan perkembangan mereka.

Oleh sebab itulah, jika Anda mengalami kesulitan tidur dalam jangka waktu yang lama, hingga menyebabkan Anda kurang tidur, dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, serta mempengaruhi cara Anda berpikir, bereaksi, bekerja dan bersosialisasi dengan orang lain.

 

Mengapa tidur sangatlah penting? Tidur membantu otak Anda bekerja dengan lebih baik, karena ketika Anda tidur, otak sedang bersiap-siap untuk hari esok, dan membentuk alur baru terhadap informasi yang Anda dapatkan pada hari sebelumnya. Tidur pun mempengaruhi Anda dalam memberikan perhatian, membuat keputusan, dan peningkatan kreativitas Anda. Bahaya dapat terjadi jika anak-anak atau remaja kurang tidur, karena dapat membuat mood mereka memburuk, anak tumbuh menjadi pribadi yang pemarah, rentan terserang depresi, kekurangan motivasi, dan ujung-ujungnya berdampak pada nilai akademis mereka di sekolah.

 

Sementara itu, tidur pun berpengaruh untuk proses penyembuhan, dan memperbaiki fungsi jantung, serta sistem peredaran darah. Selain itu, tidur dengan kualitas dan durasi yang cukup juga mampu memicu tubuh melepaskan hormon yang mempengaruhi pubertas remaja, dan kesuburan seseorang. Tak hanya itu, tidur juga mampu mempengaruhi bagaimana tubuh bereaksi terhadap insulin (hormon yang mengatur tingkat gula darah dalam tubuh). Oleh karena itu, jika Anda kekurangan tidur, maka dapat meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh, hingga akhirnya melejitkan risiko mengalami penyakit diabetes dan obesitas.

 

Itulah sebabnya, usahakan untuk menghindari begadang menjadi sebuah rutinitas Anda sehari-hari, sebab begadang dapat memicu kekurangan tidur, yang berimbas pada timbulnya penyakit lain, apabila didiamkan dalam waktu lama. Begadang juga mempengaruhi aktivitas seksual Anda, karena kekurangan tidur mampu menghilangkan hasrat seksual.

 

Makanya, supaya kesehatan tubuh selalu terjaga, aturlah jadwal tidur Anda mulai dari sekarang. Usahakan untuk mendapatkan tidur yang berkualitas dengan durasi 6-8 jam setiap harinya, ya.

 

 

 

Salam,

KALBE e-Store