Panduan Penting Seputar Susu Formula

Panduan Penting Seputar Susu Formula

Menyiapkan susu formula bagi anak merupakan cara yang gampang-gampang susah. Namun, sebaiknya Anda harus mengetahui panduan penting seputar susu formula agar nutrisi pada susu formula dapat diserap dengan optimal oleh anak.

 

Beberapa panduan penting mengenai susu formula yang sebaiknya diketahui oleh Ibu, antara lain:

 

– Jangka waktu penyimpanan susu formula

Susu formula terdiri dari dua jenis yakni susu formula cair dan bubuk, jangka waktu penyimpanannya pun berbeda. Susu formula cair dapat disimpan sampai 48 jam, namun harus disimpan rapat-rapat dan masuk kulkas.

 

Sedangkan susu formula bubuk yang ditempatkan dalam botol harus masuk kulkas dan diminum dalam waktu 24 jam. selain itu, susu formula bubuk juga harus ditutup rapat dan disimpan di tempat yang sejuk dan kering. Susu formula dapat digunakan kurang lebih selama sebulan setelah dibuka.

 

Jika Anda tidak menyimpan susu formula di dalam kulkas, jangka waktu penyimpanannya hanya dua jam. Susu formula yang tidak diminum selama lebih dari dua jam sebaiknya dibuang karena kemungkinan adanya pencemaran kuman.

 

– Memanaskan atau membekukan susu formula

Jika Anda membuat susu formula kemudian tidak diminum oleh anak, disarankan untuk tidak membekukan atau memanaskan susu formula kembali. Proses pembekuan susu formula tidak mempengaruhi kualitas nutrisi atau kesterilan susu, namun keadaan fisik dan komponen dalam susu formula dapat berubah.

 

Anda juga tidak disarankan untuk memanaskan kembali susu formula yang sudah diminum oleh anak. Kemungkinan berkembangnya mikroorganisme dalam susu setelah susu diminum anak bisa saja terjadi. Apabila Anda memanaskan kembali susu formula maka mikroorganisme dapat berpeluang untuk berkembangbiak.

 

Microwave sangat tidak disarankan untuk memanaskan susu formula karena dapat menyebabkan luka bakar pada anak karena susu formula menjadi terlalu panas. Oleh karena itu, usahakan membuat susu formula sesuai dengan takaran anak agar tidak ada susu yang terbuang.

 

– Perhatikan takaran penyajian

Kebutuhan susu formula tergantung pada usia, kondisi kesehatan dan berat anak. Perhatikan takaran penyajian yang tertera pada kotak susu formula agar susu formula yang Anda buat sesuai dengan takaran.

 

Saat menyajikan susu formula, sebaiknya Anda juga tidak menambahkan air terlalu banyak karena dapat mengurangi kandungan nutrisi susu formula dari yang dibutuhkan oleh anak.

 

 

 

Salam,

KALBE Store