Panduan Pemberian Makanan Bayi


Panduan Pemberian Makanan Bayi

Panduan Pemberian Makanan Bayi

Makanan bayi sebaiknya diberikan ketika bayi berusia 4-6 bulan, karena pada usia tersebut bayi sudah menunjukkan ketertarikannya terhadap makanan, terlihat dari kebiasaannya menarik makanan dari piring Anda, atau memasukkan makanan ke dalam mulut mereka. Selain itu, bayi pun mulai merasa tidak puas dengan ASI, ditandai dengan seringnya mereka bangun tengah malam karena rasa lapar, atau tidak bertambahnya berat badan secara signifikan. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan isyarat-isyarat yang ditunjukkan oleh bayi Anda.

 

Jika bayi Anda sudah siap untuk menerima makanan pendamping ASI, maka perhatikan mutu dan tekstur yang terdapat dalam makanannya. Untuk memberikan makanan pertama bayi sebaiknya diberikan makanan yang lumat atau cair, seperti bubur susu atau sari buah. Secara bertahap, makanan bayi dapat dibuat lebih kasar, padat dan kaya nutrisi. Kemudian, perhatikan jumlah atau porsi makanan bayi, jangan merasa berkecil hati jika bayi Anda tidak mau memakan makanan pertama mereka atau hanya makan dalam porsi kecil saja. Hal tersebut wajar, karena ukuran lambung mereka kecil. Yang terpenting, coba kembali memberi mereka makanan keesokan harinya. Semakin usia mereka bertambah, maka porsi makanan mereka pun seharusnya bertambah pula.

 

Satu tahun pertama bayi, perkenalkan mereka dengan variasi makanan agar mengetahui apakah mereka memiliki alergi terhadap makanan tertentu atau tidak. Namun, jangan berikan bayi Anda madu sebelum usia 2 tahun, karena dikhawatirkan akan menyebabkan terjadinya botulisme (penyakit akibat spora bakteri yang hanya menyerang bayi dengan gejala seperti sulit buang air, lemas, mudah menangis, kurang ekspresi dan gerakan kepala). Selain itu, hindari pemberian susu sapi murni, garam dan gula, karena sistem pencernaan mereka belum siap.

 

Demikian panduan yang dapat Anda terapkan dalam memberikan makanan kepada bayi Anda khususnya di saat usia 0-1 tahun. Sebaiknya ibu berkonsultasi dengan dokter mengenai makanan yang dapat diberikan untuk bayi Anda. Semoga panduan tersebut menjadikan ibu semakin cerdas dalam memenuhi kebutuhan gizi sang buah hati.

 

Salam,

KALBE-Store