Panduan Mudah Merawat Bayi


Panduan Mudah Merawat Bayi

Panduan Mudah Merawat Bayi

Merawat bayi, khususnya bayi yang baru lahir, penting dilakukan secara benar, karena akan berpengaruh terhadap kesehatan mereka di masa mendatang. Namun, hal tersebut bukan hal yang sulit untuk dilakukan kok. Berikut panduan mudahnya:

 

  1. Perawatan tali pusar. Untuk bayi baru lahir dan belum lepas tali pusarnya, perawatannya harus ekstra diperhatikan. Untuk merawat bayi yang belum lepas tali pusarnya, cukup dibersihkan dengan air matang, kemudian diusap dengan kain halus. Perawatan tali pusar dengan alkohol sempat populer, namun kini sudah tidak dianjurkan, karena justru memiliki risiko yang lebih tinggi. Yang terpenting, usahakan tali pusar bayi tetap kering, dan amati jika terdapat gejala infeksi.
  2. Perawatan mata bayi dilakukan dengan memijat menggunakan tangan atau kapas lembut. Hal ini dilakukan guna menghindari munculnya kotoran mata pada bayi, karena saluran air mata mereka masih tertutup ketika baru lahir. Umumnya, saluran tersebut baru terbuka ketika usia menginjak 2 minggu atau lebih.
  3. Cukup mandikan bayi sekali sehari, dengan menggunakan sabun, sampo dan bedak yang mengandung Pro-Vitamin B5. Berikan pula baby oil yang mengandung Vitamin E guna menghindari kekeringan pada kulitnya.
  4. Hal sulit dalam merawat kulit kepala bayi adalah cradle cap (kerak kulit kepala). Jika bayi Anda mengalami cradle cap, cukup dibersihkan dengan air matang setelah diberi obat dari dokter. Atau, Anda dapat membersihkannya dengan baby oil kemudian diamkan sekitar 5-10 menit, dan bilas dengan bersih. Usahakan kulit kepala bayi tetap kering dan tidak berkeringat.
  5. Bayi biasanya memiliki endapan susu di permukaan lidahnya. Berikan air matang dan dilap dengan menggunakan kain lembut. Pada usia tiga bulan, endapan tersebut akan menghilang dengan sendirinya.
  6. Usahakan ASI yang menetes pada kulit bayi, khususnya sekitar mulut, segera dilap menggunakan kain atau kapas. Hal ini dilakukan guna menghindari timbulnya bintik-bintik merah atau ruam yang dapat mengakibatkan rasa gatal pada buah hati Anda.
  7. Jaga bokong bayi agar tetap kering. Jangan biasakan menggunakan popok sepanjang hari atau berganti-ganti merk popok. Lebih baik menggunakan popok kain pada siang hari, dan malam hari menggunakan pampers (popok sekali pakai). Hal ini guna menghindari gatal-gatal dan bintik kemerahan pada bokong bayi.

 

Merawat bayi merupakan pengalaman berharga bagi setiap orang tua, khususnya bagi ibu. Semakin bertambah usianya, semakin berbeda pula perawatannya. Namun, bayi yang baru lahir perlu perawatan ekstra karena mereka masih menyesuaikan dengan lingkungan sekitarnya. Semoga panduan tadi membantu ibu untuk merawat buah hatinya lebih baik lagi.

 

Salam,

KALBE Store