Panduan Cek Gula Darah di Rumah

Panduan Cek Gula Darah di Rumah

Cek gula darah ternyata bisa dilakukan di rumah, lho. Selain mudah dan praktis, tentunya cara ini juga dapat membantu Anda untuk mengetahui kondisi tubuh, dan melakukan kontrol terhadap penyakit seperti diabetes dengan lebih baik dan lebih cepat. Glucose meter atau blood glucose monitoring adalah nama alat utamanya. Alat ini diperjualbelikan bebas di beberapa apotek. Jadi, Anda bisa memperolehnya dengan cukup mudah.

 

Lantas, bagaimana cara melakukan cek gula darah di rumah? Berikut ini langkah-langkahnya:

 

1) Setelah Anda siapkan glucose meter beserta semua perangkatnya, cuci dan bersihkan tangan Anda dengan menggunakan sabun dan air hangat, lalu keringkan.

 

2) Ambil darah dari jari Anda dengan cara menusuknya dengan menggunakan jarum tajam yang disebut lancet. Pastikan lancet masih baru dan steril, dan hanya digunakan sekali saja, ya. Jari yang ditusuk dianjurkan berganti-ganti. Agar lebih mudah, sebaiknya bagian jari yang ditusuk adalah ujung jari. Namun, jika Anda sering menggunakan ujung jari untuk beraktivitas, misalnya untuk menekan tuts keyboard di komputer, dan tidak ingin merasa perih, Anda bisa juga mengambil sampel darah dari bagian jari lainnya.

 

3) Tekan jari Anda hingga darah menetes ke strip tes darah.

 

4) Tempatkan strip uji darah ke alat ukur untuk menunjukkan kadar gula darah Anda.

 

5) Bersihkan jari Anda dengan kapas atau kain kasa yang telah diberi alkohol untuk menghentikan pendarahan dan menghindari infeksi.

 

6) Pantau hasil di glucose meter. Bila hasilnya sangat tinggi atau sangat rendah, ada kemungkinan pemeriksaan gagal, dan Anda bisa mengulanginya sekali lagi untuk memastikan hasilnya.

 

 

Untuk hasil yang lebih mewakili, cek gula darah pada waktu yang berbeda. Dari jeda makan, beri waktu satu atau dua jam. Periksa juga kadar gula darah setelah Anda mencoba sesuatu yang baru, baik makanan, minuman, olaharaga atau konsumsi obat.

 

Terkait alat ukur, jangan lupa untuk membaca dan mengikuti petunjuk di buku manual, karena prosedur alat cek gula darah bervariasi satu dengan yang lainnya. Periksa juga baterai yang digunakan, dan pastikan Anda hanya menggunakan strip tes yang memang dirancang untuk alat Anda, karena tidak semua perangkat dan strip kompatibel. Ingat pula, jangan menggunakan strip uji yang sudah kadaluarsa. Bersihkan perangkat secara teratur, dan apabila Anda memiliki pertanyaan, bawa glucose meter saat berkonsultasi dengan dokter, ya.

 

Yang paling penting, setelah Anda mengetahui hasil cek gula darah, harus ada tindak lanjut apabila hasilnya menunjukkan bahwa kadar glukosa darah Anda di luar batas normal. Berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui cara yang tepat untuk mengontrol kadar gula darah Anda. Selamat mencoba.

 

 

 

Salam,

KALCare