Panduan Berpuasa Untuk Ibu yang Sedang Menyusui

Panduan Berpuasa Untuk Ibu yang Sedang Menyusui

Bulan Ramadhan adalah bulan istimewa bagi umat Islam. Menjalankan ibadah puasa pun tak selalu menjadi tuntutan melainkan sudah menjadi kebutuhan. Karenanya, tak sedikit orang yang tetap berupaya untuk berpuasa meski mereka termasuk golongan yang tidak diwajibkan. Begitu pula dengan ibu menyusui. Tak sedikit dari mereka yang ingin menjalankan ibadah puasa meski sedang dalam masa menyusui. MPASI memang dapat membantu melengkapi kebutuhan nutrisi si kecil selama ibu berpuasa. Namun jika sebelum melakukan hal tersebut, setidaknya ada beberapa hal yang perlu Anda pahami terlebih dahulu.

 

Usia Bayi

Bayi usia 0-6 bulan membutuhkan ASI eksklusif untuk mendukung pertumbuhannya. Satu-satunya sumber nutrisi yang bagi mereka adalah ASI. Pada masa pemberian ASI eksklusif seperti ini, sangat dianjurkan bagi ibu menyusui untuk menjaga asupan nutrisinya. Jika bayi Anda masih membutuhkan ASI eksklusif, sangat disarankan untuk tidak berpuasa terlebih dahulu. Ini dilakukan agar si kecil tetap mendapatkan ASI yang berkualitas.

 

Periksa Kondisi Kesehatan Anda

Sebelum mulai menjalankan ibadah puasa, ibu menyusui disarankan untuk memeriksa kondisi kesehatannya. Berpuasa sambil menyusui bisa membuat Anda cepat lemas. Masalah ini bisa menjadi lebih serius jika Anda memiliki gangguan kesehatan seperti hipertensi, gangguan hormonal hingga diabetes. Untuk membantu melengkapi kebutuhan nutrisi si kecil, ada baiknya Anda memberikan MPASI yang bergizi.

 

Penuhi Kebutuhan Nutrisi Saat Berbuka dan Sahur

Ibu menyusui membutuhkan asupan nutrisi yang lebih tinggi dari biasanya. Karena itu, penuhi kebutuhan tersebut dengan mengonsumsi cukup kalori dan nutrisi lain. Manfaatkan saat berbuka dan sahur dengan mengonsumsi makanan bergizi dan seimbang. Anda bisa menambahkan porsinya. Akan tetapi, sebaiknya konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu untuk memperoleh panduan yang lebih lengkap.

 

Selama si kecil sudah bisa menerima MPASI, ibu menyusui bisa tetap menjalankan ibadah puasa. Akan tetapi tetap perhatikan kebutuhan nutrisi Anda dan si kecil. Penuhi kebutuhan nutrisi harian Anda dengan makanan bergizi. Begitu pula dengan kebutuhan nutrisi si kecil. Untuk membantu melengkapi kebutuhan si kecil, pilihlah makanan pendamping yang kaya nutrisi seperti Milna.

 

 

 

Salam,

KALBE Store