Pahami Penyebab Berat Badan Naik Pasca Diet

Pahami Penyebab Berat Badan Naik Pasca Diet

Setelah diet, berat badan justru kembali naik dengan cepat. Apakah Anda pernah mengalaminya? Kejadian seperti ini lazim terjadi pada mereka yang menerapkan diet ketat. Karena ingin menurunkan berat badan dengan cepat, mereka justru mengurangi asupan makanan secara ekstrem dan kembali makan banyak setelah mendapatkan berat badan yang diinginkan. Tapi pertanyaannya, bagaimana semua itu bisa terjadi?

 

Asupan Kalori yang Berubah dengan Cepat

Saat diet, Anda membatasi asupan kalori secara ketat. Namun setelah berat badan yang diinginkan diperoleh, Anda pun kembali ke cara makan sebelumnya. Tidak ada lagi acara membatasi kalori. Padahal tubuh sudah terbiasa dengan pola makan yang diterapkan sebelumnya. Misalnya saja saat diet, tubuh Anda sudah terbiasa mendapatkan kalori sebanyak 1500 kalori setiap hari. Namun setelah diet selesai, jumlah kalori yang masuk naik menjadi 1800 kalori. Kelebihan 300 kalori ini akan disimpan oleh tubuh. Inilah yang membuat tubuh menjadi gemuk kembali pasca diet. Agar berat badan tak langsung naik, ada baiknya Anda mengonsumsi suplemen pelangsing Kalbe.

 

Kurang Olahraga

Cara terbaik untuk menurunkan berat badan adalah dengan diet dan olahraga. Saat hanya bergantung pada diet saja, ada kecenderungan tubuh akan kembali gemuk dengan cepat. Jadi apapun diet yang Anda terapkan, aktivitas fisik atau olahraga harus tetap dijaga. Tak ada salahnya untuk mengonsumsi suplemen pelangsing Kalbe. Namun tetap saja, diet adalah tentang mengubah gaya hidup menjadi lebih baik.

 

Hormon

Ada 2 hormon yang berpengaruh besar pada proses mengatur berat badan. Keduanya adalah leptin yang memberi tahu otak saat sudah kenyang dan ghrelin yang menstimulasi rasa lapar. Kedua hormon tersebut sangat dipengaruhi oleh lemak dalam tubuh. Saat lemak dalam tubuh menurun, kadar keduanya juga menurun. Inilah yang kemudian menyebabkan naiknya keinginan untuk makan pasca diet.

 

Jika berat badan Anda naik dengan cepat pasca diet, bisa jadi salah satu dari ketiga hal di atas penyebabnya. Lantas bagaimana cara mengatasinya? Cara terbaik adalah dengan melakukan beberapa penyesuaian pada pola makan Anda. Jangan mengubahnya secara drastis. Jaga aktivitas fisik termasuk olahraga. Selain itu, konsumsi juga suplemen pelangsing Kalbe.

 

 

 

Salam,

KALCare