Omega-3: Zat Gizi Penting Untuk Pertumbuhan Otak Anak


Omega-3: Zat Gizi Penting Untuk Pertumbuhan Otak Anak

Omega-3: Zat Gizi Penting Untuk Pertumbuhan Otak Anak

Omega-3 memiliki peranan penting untuk pertumbuhan otak anak, bahkan sejak masa kehamilan, khususnya pada trimester ketiga. Pada masa tersebut, otak bayi di dalam rahim berkembang dengan sangat pesat, hingga 2.5 kali lipat dari sebelumnya. Dan, setelah lahir, otak bayi akan terus berkembang, hingga menjadi 1.75 kali lipat ketika memasuki usia 1 tahun, dan perkembangan optimal terus berlanjut hingga usia 2 tahun.

Jadi, biasakan anak mengonsumsi omega-3 sejak ia masih berada di dalam kandungan, agar pertumbuhan otak anak menjadi lebih optimal.   Lantas, apa saja sih manfaat baik dari Omega-3? Berdasarkan penelitian, omega-3 terbukti dapat membuat anak menjadi lebih cerdas.   Menurut jurnal Pediatric tahun 2003, ibu hamil yang mengonsumsi suplemen omega-3 selama masa kehamilan dan menyusui dapat memiliki anak berkemampuan kognitif yang lebih tinggi dibandingkan ibu yang tidak mengonsumsi omega-3.

 

Sedangkan, anak-anak yang rutin mengonsumsi omega-3 lebih cepat membaca, dan meningkatkan kemampuan membaca mereka dibandingkan sebayanya yang tidak mengonsumsinya. Selain itu, omega-3 terbukti mampu membantu meningkatkan fokus anak dan memperbaiki penglihatan anak, karena kandungan DHA di dalamnya.

 

Omega-3 menjadi bermanfaat bagi otak, karena kandungan EPA dan DHA, yang sumber utamanya adalah minyak ikan. Namun sayang, sebagian besar anak tidak menyukai minyak ikan karena rasa dan baunya yang agak anyir, sementara tubuh manusia tidak mampu menciptakan omega-3 sendiri. Sayangnya lagi, banyak juga orangtua yang salah kaprah, dan menjejali anak dengan terlalu banyak suplemen Omega-3.

 

Padahal, dalam mengonsumsi omega-3, sebaiknya harus berhati-hati, karena jika dikonsumsi dalam kadar berlebihan, akan dapat membuat sakit perut, dan sebagian kecil kasus dapat berujung pada alergi. Sebaiknya, batasi konsumsi omega-3 sekitar 450-500 mg, yang mengandung DHA dan EPA setiap harinya, khusus bagi anak-anak dan orang dewasa.

 

Begitu besarnya manfaat omega-3 ini, sehingga para ahli menganjurkan ibu hamil untuk mengonsumsi omega-3 sebanyak 200-300 mg setiap hari. Kebutuhan omega-3, selain didapat dari minyak ikan, juga bisa diperoleh melalui ikan salmon, tuna, makarel dan sarden, serta sumber lainnya seperti telur, kacang-kacangan dan susu. Oleh karena itu, jangan ragu untuk menyajikan makanan yang mengandung omega-3 dalam menu makanan keluarga Anda sehari-hari, jika Anda ingin pertumbuhan otak anak Anda optimal, ya.

 

Salam,

KALBE e-Store