Olahraga yang Cocok Untuk Ibu Hamil


Olahraga yang Cocok Untuk Ibu Hamil

Olahraga yang Cocok Untuk Ibu Hamil

Selama masa kehamilan, tubuh Anda akan bekerja dua kali lipat karena adanya buah hati dalam perut Anda. Perubahan hormon dan cara kerja organ tubuh membuat Anda merasa mudah lelah, sakit pinggang, mual, pusing hingga nafsu makan hilang.

 

Gejala ini sangat umum dialami oleh Anda yang sedang hamil muda. Meskipun tubuh Anda mudah lelah, bukan berarti masa kehamilan adalah masa dimana Anda bisa bermalas-malasan.

 

Masa kehamilan merupakan masa yang sangat tepat untuk menjaga kesehatan diri Anda sebelum melahirkan. Cara untuk menjaga kesehatan saat masa kehamilan adalah dengan mengonsumsi makanan yang bergizi serta berolahraga.

 

Olahraga saat hamil tentu berbeda dengan saat Anda berolahraga biasanya. Berikut beberapa olahraga ringan yang dapat Anda lakukan saat sedang hamil.

 

Berenang

Berenang adalah salah satu olahraga terbaik yang dapat Anda lakukan saat dalam masa kehamilan. Saat berenang, otot tangan dan kaki akan bekerja sehingga bermanfaat untuk kinerja jantung Anda. Selain itu, berenang saat hamil dapat mengurangi tekanan pada punggung dan kaki yang mudah lelah.

 

Waktu yang disarankan untuk berenang saat hamil adalah selama 30 menit. Disarankan juga untuk minum satu gelas air setelah berenang.

 

Meskipun berenang merupakan olahraga terbaik yang dapat Anda lakukan saat sedang hamil, namun lakukan gaya katak atau gaya punggung yang tidak membutuhkan tenaga ekstra seperti gaya bebas.

 

Yoga

Jenis olahraga lain yang disarankan saat masa kehamilan adalah yoga. Teknik relaksasi pada yoga bermanfaat untuk menyiapkan mental menjelang persalinan.

 

Jika Anda ingin melakukan yoga, sebaiknya Anda mengkuti kelas yoga khusus ibu hamil dengan bantuan pendamping profesional. Yoga juga memberikan kebugaran untuk Anda dan melatih teknik pernafasan yang dibutuhkan saat melahirkan.

 

Jalan kaki

Jenis olahraga ini merupakan olahraga yang mudah dan murah yang dapat Anda lakukan saat masa kehamilan. Jalan kaki dapat memperlancar peredaran darah dan menjaga kesehatan ibu hamil.

 

Anda disarankan untuk berjalan kaki selama 30 menit setiap hari. Disarankan untuk membawa air minum saat Anda berjalan agar terhindar dari dehidrasi.

 

Meskipun jalan kaki adalah olahraga yang mudah dan murah namun Anda tetap harus memperhatikan beberapa hal misalnya jangan berjalan saat terik siang hari dan juga hindari jalan yang menanjak.

 

Menjaga kesehatan saat masa kehamilan sangat penting karena dapat berpengaruh pada tumbuh kembang buah hati Anda.

 

 

 

Salam,

KALBE Store